Senin 16 Sep 2024 18:18 WIB

Awak SpaceX Kembali ke Bumi dengan Selamat Setelah Misi Bersejarah

Menurut NASA, misi ini merupakan lompatan besar bagi industri luar angkasa komersial.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Dalam gambar yang diambil dari video NASA ini, satelit Pace lepas dari roket SpaceX yang mengorbit (Ilustrasi). Awak Polaris Dawn milik SpaceX telah kembali ke bumi.
Foto: NASA via AP
Dalam gambar yang diambil dari video NASA ini, satelit Pace lepas dari roket SpaceX yang mengorbit (Ilustrasi). Awak Polaris Dawn milik SpaceX telah kembali ke bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Awak Polaris Dawn milik SpaceX telah kembali ke bumi setelah lima hari berada di orbit, menyelesaikan misi bersejarah yang menampilkan perjalanan antariksa komersial pertama di dunia. Kapsul Dragon mendarat di lepas pantai Florida tepat setelah pukul 03.37 waktu setempat, dalam siaran langsung yang disiarkan oleh SpaceX.

“Pendaratan Dragon dikonfirmasi. Selamat datang kembali ke bumi,” tulis SpaceX dalam keterangannya seperti dilansir BBC, Senin (16/9/2024).

Baca Juga

Badan antariksa AS, NASA, menyatakan bahwa misi ini merupakan lompatan besar bagi industri luar angkasa komersial. Saat kembali memasuki atmosfer bumi, kapsul Dragon menghadapi suhu sekitar 1900 derajat Celcius, yang disebabkan oleh tekanan dan gesekan saat melaju di udara dengan kecepatan sekitar 27 ribu kilometer per jam.

Tim yang terdiri atas empat anggota sipil ini dipimpin oleh miliarder Jared Isaacman, dan telah terbang lebih jauh ke luar angkasa daripada manusia manapun dalam lebih dari lima puluh tahun. Kur lainnya termasuk Scott Poteet, seorang pensiunan pilot Angkatan Udara AS, serta dua karyawan SpaceX Sarah Gillis dan Anna Menon.