Kamis 02 Mar 2023 17:01 WIB

Bungkam PSS Sleman, Persita Tangerang Perbaiki Posisi di Papan Klasemen Liga 1

Persita mengalahkan PSS 2-1 di Indomilk Arena, Tangerang

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Persita Tangerang mengalahkan PSS Sleman 2-1.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Persita Tangerang mengalahkan PSS Sleman 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Persita Tangerang naik satu peringkat di papan klasemen sementara Liga 1. Laskar Cisadane berhasil memetik tiga poin usai membungkam tamunya PSS Sleman 2-1 pada pekan ke-28 Liga 1, Kamis (2/3/2023).

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Persita naik ke peringkat kesembilan klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 36 poin dari 26 laga. Pendekar Cisadane menggeser PSIS Semarang, yang turun ke peringkat ke-10 lantaran tertinggal dua poin dari Persita.

Baca Juga

Ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Persita usai memetik hasil imbang dalam tiga laga terakhir. Sementara buat PSS, kekalahan ini memperpanjang rentetan hasil buruk tim besutan Seto Nurdiantoro tersebut. Dengan kekalahan ini, Super Elang Jawa, julukan PSS, menelan kekalahan beruntun dalam lima laga terakhir.

PSS pun belum bisa beranjak dari papan bawah klasemen sementara Liga 1. Hanya mengumpulkan 28 poin dari 28 laga, PSS terdampar di peringkat ke-15 hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Laga di Stadion Indomilk Arena baru berjalan enam menit, tim tamu sudah mampu unggul. Persita mencatatkan keunggulan lewat gol dari Rifky Dwi Setiawan. Gelandang Persita itu merobek gawang PSS dengan sepakan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti. 

PSS merespons gol ini dengan berusaha mengambil kendali permainan. Namun, bangunan serangan tim besutan Seto Nurdiantoro masih mampu dimentahkan oleh barisan lini pertahanan Pendekar Cisadane.

Kesulitan untuk menembus wilayah pertahanan lawan, PSS malah kembali kebobolan, tepatnya pada menit ke-25. Sebuah serangan balik mengawali gol kedua tim tuan rumah di laga ini. Sepakan keras Ramiro Fergonzi dari tepi kotak penalti gagal ditangkap secara sempurna oleh kiper PSS Mohamad Ridwan.

Bola hasil halauan Ridwan itu kemudian bisa disambar oleh Ezequiel Vidal, yang sudah berada dalam kotak penalti. Vidal berhasil dalam mengantisipasi arah bola hasil halauan Ridwan tersebut.

Kendati begitu, sebelum babak pertama usai, PSS bisa mengubah papan skor dan mencetak satu gol balasan. Yevhen Bokhashvili sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-37. Sepakan keras Bokashvili gagal dihalau oleh kiper Persita Aditya Harlan. 

Wasit memberikan hadiah penalti kepada PSS usai Ricky Cawor dilanggar oleh salah satu pemain bertahan Persita Tangerang. Gol penalti Bokhashvili itu pun menjadi gol terakhir pada babak pertama. 

Situasi pertandingan pada babak kedua tidak jauh berbeda dibanding babak pertama. PSS bisa sedikit unggul dalam penguasaan bola, tapi kerap kesulitan saat memasuki wilayah pertahanan tim tuan rumah. Di sisi lain, Persita Tangerang terlihat lebih menyakinkan dalam membangun serangan.

Namun, sejumlah peluang yang didapat tim besutan Luis Edmundo Duran itu belum mampu mengarah ke gawang PSS Sleman. Persita nyaris menggandakan keunggulan pada 10 menit akhir laga. Sepakan keras Bae Sin-yeong lewat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan PSS mengarah tepat ke gawang. Sayang, bola sepakan gelandang asal Korea Selatan itu masih membentur mistar gawang.

Tidak lama berselang giliran Ramiro Fergonzi yang mendapatkan peluang. Namun, tendangan keras penyerang asal Argentina itu masih bisa dimentahkan oleh salah satu pemain bertahan PSS. Skor, 2-1, untuk kemenangan tim tuan rumah akhirnya bertahan hingga laga usai.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement