Pemudik Diimbau tak Gunakan Sepeda Motor,  Kemenhub Selenggarakan Program Mudik Gratis

Red: Muhammad Hafil

Selasa 14 Mar 2023 06:28 WIB

 Pemudik Diimbau tak Gunakan Sepeda Motor,  Kemenhub Selenggarakan Program Mudik Gratis. Foto:  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) menyapa calon penumpang yang akan mudik lebaran Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal Pemudik Diimbau tak Gunakan Sepeda Motor,  Kemenhub Selenggarakan Program Mudik Gratis. Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) menyapa calon penumpang yang akan mudik lebaran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

 “Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Menhub, Senin (13/3/2023), di Jakarta.

Baca Juga

 Menhub menjelaskan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor, dimana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

 “Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” tutur Menhub.