Memahami Ayat tentang Berhubungan Intim Suami Istri Saat Ramadhan  

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 25 Mar 2023 04:22 WIB

Memahami Ayat tentang Berhubungan Intim Suami Istri Saat Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

 

Dalam ayat ini, Allah SWT mengampuni dengan melapangkan perkara itu bagi mereka. Sekiranya bukan karena kelapangan dari Allah SWT itu, pastilah akan menimbulkan dosa. Allah SWT juga memberikan maaf kepada kamu terhadap apa yang telah berlalu dari perkara kamu tidak mampu menahan nafsu tersebut.

Maka sekarang setelah adanya keringanan dan kelapangan dari Allah ini, campurilah mereka (istri), baik berjima, mencium, menyentuh dan sebagainya. Carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu. Artinya, berniatlah untuk mendekatkan diri kepada Allah ketika mencampuri istri-istri kalian, dan maksud yang paling besar dari adanya jima tersebut adalah mendapatkan keturunan, menjaga kemaluannya dan kemaluan istrinya, dan juga memperoleh tujuan-tujuan nikah.

Dan diantara apa yang telah ditentukan oleh Allah atas kalian adalah lailatul qadar yang bertepatan dengan malam-malam bulan puasa Ramadhan. Maka seharusnya kalian tidak disibukkan oleh kenikmatan tersebut dari malam yang mulia itu dan tidak menyia-nyiakan malam tersebut, karena kenikmatan itu masih dapat diperoleh (dengan tertunda) sedangkan lailatul qadar tidak diperoleh setiap waktu.