Sabtu 25 Mar 2023 15:17 WIB

Makan Buah Beku Jadi Tren, Apakah Nutrisinya Sama dengan Buah Biasa?

Nutrisi yang terkandung dalam buah mencapai puncaknya setelah dipetik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Buah beku (ilustrasi). Meski dibekukan, nutrisi dalam buah beku tidak hilang.
Foto: fitnessandfrozengrapes
Buah beku (ilustrasi). Meski dibekukan, nutrisi dalam buah beku tidak hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini cukup banyak konten makan buah beku bertebaran di media sosial (medsos). Bagaimana dengan kandungan nutrisi di dalam buah beku, apakah sama seperti buah biasa (tidak dibekukan), atau justru berkurang?

Menurut ahli gizi Rachel Olsen, nutrisi pada buah mencapai puncaknya setelah dipetik. Itu sebabnya sangat baik mengonsumsi buah-buahan yang sedang musim. Meski begitu, nutrisi dalam buah beku bukan berarti hilang. Bahkan menurut sebuah penelitian, kandungannya terkadang bisa lebih tinggi dari yang segar.

Baca Juga

“Penelitian mengatakan kandungan nutrisi dalam buah beku sebanding dan kadang-kadang lebih tinggi dari yang segar,” kata Rachel melalui laman Instagram @Rachelahligizi, dikutip pada Sabtu (25/3/2023).

Namun, berbeda untuk sayuran karena beberapa kandungan seperti beta carotene (vitamin A), misalnya, lebih tinggi pada yang segar dibandingkan beku. Jadi intinya tidak perlu khawatir kehilangan nutirisi dari buah beku. Memenuhi asupan buah harian juga sudah sangat bagus.