Selasa 04 Apr 2023 08:40 WIB

Mengapa Venus Disebut Planet Paling Panas?

Venus menjadi planet kedua setelah Merkurius yang tidak memiliki bulan.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
.

Gunung berapi di Venus. Selian planet paling panas dan terang, Venus memiliki ribuan gunung berapi. Gambar: NASA
Gunung berapi di Venus. Selian planet paling panas dan terang, Venus memiliki ribuan gunung berapi. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Venus dan Bumi sering disebut kembar karena memiliki kesamaan ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi. Venus hanya sedikit lebih kecil dari planet asal kita, dengan massa sekitar 80 persen massa Bumi.

Venus bukanlah planet gas, melainkan planet berbatu. Bagian dalam Venus terbuat dari inti besi metalik yang lebarnya kira-kira 2.400 mil atau 6.000 kilometer (km). Mantel batuan cair Venus kira-kira setebal 1.200 mil atau 3.000 km. Kerak Venus sebagian besar basal dan diperkirakan setebal 6 sampai 12 mil atau 10 sampai 20 km. Lalu, mengapa Venus Disebut Planet Paling Panas?

Mengapa Venus menjadi planet terpanas di tata surya agak rumit. Meskipun Venus bukanlah planet yang paling dekat dengan matahari, atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi tak terkendali dari efek rumah kaca seperti yang kita lihat di Bumi dengan pemanasan global. Akibatnya, suhu di Venus mencapai 880 derajat Fahrenheit atau 471 derajat selsius, yang lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah. Pesawat ruang angkasa hanya akan bertahan beberapa jam setelah mendarat di planet ini, sebelum meleleh dan hancur.

Dengan suhu yang sangat panas, Venus juga memiliki atmosfer yang mengerikan, yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat dan hanya sedikit air. Atmosfer Venus lebih berat daripada planet mana pun, yang menyebabkan tekanan permukaan lebih dari 90 kali Bumi, mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 3.300 kaki atau 1.000 meter di lautan. Sebagai gambaran, Kapal selam Nanggala-402 milik TNI AL hancur di kedalaman 850 meter laut Bali.