Selasa 04 Apr 2023 13:03 WIB

Survei Telkomsel: 72 Persen Pelanggan Berencana Mudik Lebaran

Dari survei ini, responden yang akan mudik sudah menyiapkan tiket dan dana.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi mudik. Survei
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Ilustrasi mudik. Survei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei "Ramadan Consumer Behaviour Insight 2023" yang diadakan Telkomsel Enterprise, bagian dari Badan Usaha Milik Negara Telkom Group, menunjukkan 72 persen pelanggan mereka berencana mudik saat libur Lebaran.

Telkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id melihat sebagian besar responden yang akan mudik Lebaran mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga

Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program pemasaran Ramadhan. "Dengan begitu, dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadhan dan mudik Lebaran pada 2023," kata Wakil Direktur Solusi Data Telkomsel Alfian Manullang, dalam keterangan pers, Selasa (4/4/2023).

Sebanyak 81 persen responden yang menjawab mudik Lebaran menggunakan transportasi umum mulai membeli tiket sekitar satu pekan hingga sebulan sebelum Lebaran. Sementara responden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, 64 persen menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1.000.000 dan 60 persen responden memilih bengkel resmi untuk servis kendaraan.