Selasa 11 Apr 2023 21:41 WIB

Anas Urbaningrum Bertolak ke Kampung Halamannya Blitar

Anas Urbaningrum berangkat ke Blitar dari Bandung.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Mantan Ketum Anas Urbaningrum bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). Dia akan berangkat ke Blitar malam ini.
Foto: Republika
Mantan Ketum Anas Urbaningrum bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). Dia akan berangkat ke Blitar malam ini.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG-- Anas Urbaningrum bertolak ke kampung halamannya di Blitar, Jawa Timur, Selasa (11/4/2023) malam. Mantan ketua umum Partai Demokrat ini telah bebas dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung dengan menjalani program cuti menjelang bebas (CMB).

Ia sempat berada di Rumah Makan Ponyo, Cinunuk, Kabupaten Bandung untuk menghadiri silaturahmi akbar kader HMI se-Indonesia. Dilanjutkan dengan buka puasa dan tarawih bersama.

Baca Juga

"Kegiatan Insya Allah akan sowan ke Blitar sungkem ke ibu, itu yang utama. Kedua minum air dari kampung dulu, minum air dari kampung lebih bagus dari kemasan," ujarnya, Selasa (11/4/2023).

Setelah menuntaskan kegiatan di Blitar, ia mengaku akan langsung ke Jakarta untuk melanjutkan kegiatan silaturahmi. Anas menyebut kegiatan yang dilakukan selepas keluar dari Lapas Sukamiskin masih bersifat ringan.

Ia pun sempat akan menyampaikan pidato politik setelah bebas dari lapas. Namun, dengan status masih cuti menjelang bebas (CMB), berada di lapas dan masih suasana Ramadhan, ia belum melakukan hal tersebut.

"Tadi bukan pidato politik hanya rasa syukur dan ungkapan pentingnya persistensi tentang pentingnya daya tahan," katanya.

Anas menyebut seorang aktivitas dalam situasi apapun harus bertenaga dan tidak boleh menyerah. Sebab dalam kondisi tersebut aktivis dapat memupuk harapan.

"Kalau tidak ada harapan anda akan hampir identik dengan kematian sudah wassalam. Yang menghidupkan kita semua harapan," katanya.

Anas pun memberikan pesan kepada semua bahwa dalam kondisi apapun harapan harus terus dijaga. Hal itu merupakan dasar untuk memiliki militansi berjuang.

"Saya ingin memberikan pesan kepada teman teman terutama adik-adik, saya dalam situasi apapun sesulit apapun harapan itu harus tetap dijaga harapan itu dasar punya militansi perjuangan," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement