Rabu 12 Apr 2023 19:40 WIB

Pangandaran Siap Sambut Libur Panjang Lebaran

Dalam rakor, bupati Pangandaran akan prioritaskan keamanan dan kenyaman wisatawan.

Red: Sandy Ferdiana
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata (kiri) saat memimpin Rapat Koordinasi persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Aula Setda Pangandadaran, Parigi. Selasa (11/4/2023).
Foto: Dok. Humas Pangandaran
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata (kiri) saat memimpin Rapat Koordinasi persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Aula Setda Pangandadaran, Parigi. Selasa (11/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN – Musim libur lebaran tahun ini akan menjadi ajang marema bagi sektor pariwisata di Kabupaten Pangandaran. Untuk itu, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata rutin menggelar rapat koordinasi dalam menghadapi libur lebaran.

Rakor terbaru berlangsung dipimpin langsung oleh Bupati Jeje di Aula Setda Pangandadaran, Parigi, Selasa (11/4/2023). Rakor diikuti pula oleh Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan, Forkopimda Kabupaten Pangandaran, Sekda Pangandaran Dr H Kusdiana, para kepala SKPD, para camat, ketua MUI Kabupaten Pangandaran, dan instansi terkait lainnya.

Sebagai daerah tujuan wisata, prediksi pemudik dan wisatawan yang akan liburan di Pangandaran akan meningkat signifikan. Potensi ini terjadi menyusul kebijakan pemerintah pusat yang memperpanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta telah dibukanya jalan baru lintas pesisir di Pangandaran yang cukup mengundang animo para wisatawan.

Beberapa hal yang dibahas dalam rakor tersebut, yakni terkait rekayasa lalu lintas yang akan dijalankan di jalan protokol, serta pengaturan tempat wisata. Pengamanan di jalan protokol akan dilakukan dengan mekanisme CB di beberapa titik, yaitu Kalipucang, Panci Mas, dan Bundaran Karapyak.

Sementara untuk pengaturan di tempat wisata, rencananya akan ditempatkan kantong parkir untuk kendaraan bus yaitu di Pasar Wisata, kendaraan truk di Lapang Katapang Doyong, dan untuk mini bus di sepanjang pantai barat. Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran menyebutkan, untuk mengurai kemacetan akan diberlakukan one way yang sifatnya situasional, dan akan didukung oleh penunjuk jalan agar memudahkan para wisatawan.

Sementara Satlantas Polres Pangandaran menyatakan siap untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya pengamanan arus libur lebaran di Pangandaran. Berdasarkan pemaparan yang diberikan oleh Disparbud Kabupaten Pangandaran, untuk memastikan keamanan di destinasi wisata akan dilakukan sebagai berikut:

  1. Perluasan wilayah kerja balawista.
  2. Persiapan dan kesigapan personil.
  3. Antisipasi laka laut dengan menambah rambu-rambu keselamatan di sekitar pantai.
  4. Persiapan peralatan keselamatan.
  5. Monitoring selama libur Idul Fitri.

 

 

Merespons rencana Tindakan itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meminta untuk focus pada  penjagaan di Pos 5 Pantai Barat Pangandaran yang menjadi daerah rawan laka laut. Pihaknya juga meminta ratusan tenaga kesehatan disiapkan di daerah mudik dan wisata.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement