Berburu Malam Lailatul Qadar, Coba Lima Tips Ini

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 15 Apr 2023 16:37 WIB

Jamaah membaca Alquran saat beritikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Berburu Malam Lailatul Qadar, Coba Lima Tips Ini Foto: Republika/Thoudy Badai Jamaah membaca Alquran saat beritikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Berburu Malam Lailatul Qadar, Coba Lima Tips Ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menggambarkan malam lailatul qadar dalam Surat Al Qadr ayat 3-5,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ.تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ.

Baca Juga

سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Lailatul qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Ibadah apapun seperti sholat, sedekah, membaca Alquran yang kita lakukan pada malam istimewa ini lebih baik daripada jika kita melakukannya setiap malam selama seribu bulan.

Dilansir di About Islam, bahwa di malam itu, mereka yang mendapatkan akan dihapus semua dosanya. Barangsiapa berdiri (dalam shalat) di Lailatul Qadar sambil memupuk keimanannya dengan muhasabah diri, mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Rasul sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah (Bukhari dan Muslim).

Lailatul Qadar adalah malam kesempatan besar bagi setiap muslim. Inilah cara menuai sebagian barakah (berkah) malam itu. Berikut tips untuk mendapatkan malam lailatul qadar.

1. Temukan malam yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba menghitung dengan sebaik-baiknya malam Lailatul Qadr jatuh , terutama jika kita tidak dapat berpartisipasi dalam sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Malam Kemuliaan jatuh pada malam tanggal ganjil dalam penanggalan Islam, seperti pada bulan Ramadhan tanggal 21, 23, 25, 27 atau 29.

2. Rencanakan untuk berdoa dan ibadah lain

Ini dapat dilakukan dengan lebih banyak menghabiskan waktu di masjid dengan membaca Alquran. Terutama memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir.

Terpopuler