Arahan One Way Kapolri Dinilai Mudahkan Lalu Lintas Pemudik Hari Pertama

Red: Muhammad Hafil

Rabu 19 Apr 2023 16:25 WIB

  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, berdialog dengan pemudik yang melintas di GT Kalikangkung, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, di sela mengecek persiapan pengamanan arus mudik/balik Lebaran 2023, Selasa (18/4). Foto: Bowo Pribadi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, berdialog dengan pemudik yang melintas di GT Kalikangkung, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, di sela mengecek persiapan pengamanan arus mudik/balik Lebaran 2023, Selasa (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Arus mudik Lebaran 2023 telah dimulai sejumlah skema pengendalian arus lalu lintas pun telah dilakukan sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Salah satunya, skema one way atau satu jalur yang mulai dilakukan dari KM 72 Cikampek sampai KM 414 Kalikangkung. 

Melihat pelaksanaan tersebut, Pengamat Transportasi dari lembaga Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno menilai pelaksanaan one way yang dilakukan Polri telah sesuai harapan pada hari pertama arus mudik lebaran.

Baca Juga

"Iya lumayan, bagus lancar lah. Saya sempat nulis masukan memang fokusnya jalan tol, kedua pelabuhan merak, mudik gratis, sepeda motor dan pengelolaan di jalan tol," kata Djoko saat dihubungi, Rabu (19/4/2023).

Walaupun tetap ada kondisi kepadatan kendaraan yang perlu disiati selama arus mudik. Namun Djoko melihat Polri sampai sejauh ini masih bisa mengendalikan kondisi kepadatan kendaraan yang terjadi di beberapa titik ruas jalan.