Tips Mudik dan Arus Balik yang Aman

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Friska Yolandha

Sabtu 22 Apr 2023 07:46 WIB

Foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Korlantas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah dari KM 70 Gerbang Tol CIkampek Utama sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga Kamis (20/4) pukul 24.00 WIB untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat arus mudik lebaran. Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah Foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Korlantas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah dari KM 70 Gerbang Tol CIkampek Utama sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga Kamis (20/4) pukul 24.00 WIB untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat arus mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mudik atau arus balik semacam tradisi yang acap dilakukan masyarakat Indonesia dalam merayakan hari besar. Hal ini tidak terkecuali untuk merayakan Hari Idul Fitri 2023.

Menanggapi hal itu, Dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Alvian Iqbal Hanif Nasrullah memberikan tips aman mudik. Hal ini terutama terkait keamanan dan kenyamanan dalam berkendara untuk jarak panjang.

Baca Juga

Sebelum memulai perjalanan, pemudik benar-benar harus melakukan persiapan yang matang dan menyeluruh. Ini mencakup dua aspek penting yakni persiapan fisik dari segi manusia atau pengemudi dan juga persiapan fisik kendaraan yang akan dipakai.

Kondisi fisik pengemudi dan fisik mobil beserta komponen-komponen di dalamnya itu saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. "Percuma kalau performa mobilnya baik, tetapi kondisi pengemudi kurang  fit untuk berkendara. Begitu pula sebaliknya,” katanya dalam pesan resmi yang diterima Republika.