Jumat 28 Apr 2023 22:48 WIB

Pemerintah dan Ormas Didorong Saling Membantu Ciptakan Lapangan Kerja

Ormas juga dapat dibina pemerintah menjadi agen perubahan dan pembangunan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
ilustrasi:pencari kerja. Saat ini pemerintah belum dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup. Saat pemerintah  belum mampu melakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) keberadaan organisasi masyarakat (ormas) masih sangat diperlukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah.
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
ilustrasi:pencari kerja. Saat ini pemerintah belum dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup. Saat pemerintah belum mampu melakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) keberadaan organisasi masyarakat (ormas) masih sangat diperlukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Saat ini pemerintah belum dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup. Saat pemerintah  belum mampu melakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) keberadaan organisasi masyarakat (ormas) masih sangat diperlukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah. 

Ormas juga dapat dibina pemerintah menjadi agen perubahan dan pembangunan (agent of change). Tidak sedikit program pembangunan pemerintah sukses berkat bantuan Ormas.

Hal tersebut disampaikan pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) yang juga pendiri lembaga konsultasi Komunikasi Publik Escomm Institute Eman Sulaeman Nasim, dan  salah seorang pimpinan Ormas Badan Pembinaan Potensi keluarga Besaer (BPPKB) Banten, Asik Ahmad Isen atau yang akrab dipanggil Abah Uwoh kepada pers kemarin di Bogor, usai acara silaturahim dan diskusi tentang Ormas dan Pemilu 2024.

Eman menyebut salah satu Ormas yang digandeng pemerintah adalah BPPKB Banten. Ormas ini sudah membantu pemerintah dalam melakukan pembinaan potensi generasi muda  khususnya yang ada di Banten maupun provinsi Jawa Barat.