Sabtu 06 May 2023 17:37 WIB

Ini yang akan Hilang dari PSG dengan Kepergian Messi

Messi juga memberikan dampak positif jika benar-benar meninggalkan Prancis.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain depan Argentina Lionel Messi dari PSG
Foto: Reuters/GONZALO FUENTES
Pemain depan Argentina Lionel Messi dari PSG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertumbuhan hak siar TV internasional yang lebih rendah dari perkiraan dan penurunan 10 persen dalam penjualan jersey adalah dua efek negatif yang mungkin terjadi pada pundi-pundi keuangan Paris Saint-Germain (PSG) jika kepergian Lionel Messi dipastikan musim panas ini. Pandangan ini disampaikan pakar pemasaran olahraga yang dimintai pendapatnya oleh EFE.

Namun, para pakar ini juga menyoroti aspek positif dari kepergiannya yang diperkirakan akan terjadi pada Juni ini. Secara khusus, pengurangan tagihan gaji dan peningkatan citra PSG sendiri, yang dalam beberapa kesempatan dituduh terlalu lunak terhadap para bintangnya.

Baca Juga

Salah satu efek negatif pertama dari Ligue 1 tanpa Messi adalah negosiasi ulang hak siar internasional, yang akan memengaruhi PSG dan klub-klub top lainnya. Kontrak dengan penyiar saat ini, Bein Sports dari Qatar, akan berakhir pada 2024.

Ligue 1 saat ini menghasilkan 80 juta euro atau sekira Rp 1,3 triliun per tahun dari penjualan di luar Prancis, jumlah yang kecil dibandingkan dengan Liga Spanyol dan, di atas segalanya, Liga Primer (sekitar 2 miliar euro atau sekira Rp 33 triliun per musim).

"Mungkin ada pengaruhnya dalam hal negosiasi ulang hak-hak internasional yang akan berakhir pada 2024," kata Virgile Caillet, salah satu eksekutif pemasaran olahraga paling terkenal di Prancis.

Vincent Chaudel, seorang ahli lain di bidang ini, setuju bahwa "tidak sama bernegosiasi di luar negeri dengan pasar seperti Asia atau Amerika Latin" dengan Messi dan Neymar di Ligue 1. "Katakanlah dalam kontrak berikutnya hak-hak internasional akan berkembang karena saat ini mereka sangat rendah, tetapi tidak begitu banyak jika mereka berdua tidak berada di Prancis," kata Chaudel, yang menambahkan bahwa jika Messi pergi ke liga yang berkompetisi dengan Prancis, seperti Spanyol, kerusakan pada akhirnya akan lebih besar pada Ligue 1.

Menepi dari klub selama dua pekan karena skorsing akibat perjalanan promosinya ke Arab Saudi tanpa izin, kepergian bintang Argentina itu sudah bisa dipastikan hanya dua musim setelah ia mendarat di Paris dari Barcelona. Namun, perpanjangan kontraknya untuk satu tahun lagi, hingga Juni 2024, hampir saja terjadi.

Jika Messi akhirnya mengepak tasnya, PSG setidaknya akan berhasil mengamortisasi sebagian besar dari apa yang telah dibayarkannya untuk kapten Argentina (yang membayar sekitar 80 juta euro atau sekira Rp 1,3 triliun per musim, termasuk gaji, pembayaran jaminan sosial, dan insentif). Sebuah investasi yang akan menguntungkan jika klub itu setidaknya mencapai semifinal Liga Champions. Sayang, PSG kalah di babak 16 besar dalam dua edisi terakhir.

Bagaimanapun, Messi dapat mengklaim medali karena telah menarik setidaknya delapan sponsor baru. Ia juga telah memberikan dorongan besar pada penjualan jersey PSG, yang dengan nyaman melebihi satu juta pada tahun 2022.

"Mungkin akan ada penurunan dalam penjualan tersebut, sekitar 10 persen," kata Caillet. Angka yang juga dianggap realistis oleh Chaudel. Penurunan pendapatan yang pada akhirnya "tidak akan mengguncang" keuangan klub sama sekali, tambahnya. Hanya 20 persen dari total harga jersey yang masuk ke klub, karena sebagian besar masuk ke produsen dan distributor. Messi juga berkontribusi pada visibilitas di jaringan PSG, yang pada Januari 2022 mencapai 150 juta pengikut, 50 persen lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Semua ini membantu mempercepat pendapatan klub, yang, tidak termasuk hak siar TV dan tiket pertandingan, mencapai rekor 350 juta per tahun.

Namun, baik Caillet maupun Chaudel meremehkan kepergian Messi dan bahkan melihat aspek positifnya. "PSG sering dituduh terlalu lunak terhadap para bintangnya. Dengan memberikan sanksi kepada Messi, itu mengirimkan pesan yang kuat," kata Caillet.

Selain itu, lanjutnya menjelaskan, kemungkinan kepergiannya akan menurunkan tagihan gaji dan membantu klub Paris bergerak lebih dekat ke parameter financial fair play UEFA, yang akan memungkinkan mereka untuk melakukan perekrutan di jendela transfer musim panas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement