Selasa 16 May 2023 15:47 WIB

Wali Kota Depok Sebar Empat Kuintal Ikan Saat Tradisi Ngubek Empang

Pemkot Depok adakan Ngubek Empang yang merupakan tradisi budaya Betawi Depok.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris melepas empat kuintal ikan ke kolam dalam acara budaya Ngubek Empang di pemancingan kawasan Bojongsari, Kota Depok, Senin (15/5/2023). Pelepasan ikan yang terdiri ikan mas, mujair, hingga lele dilakukan sebagai rangkaian dari agenda tahunan Lebaran Depok 2023.

M Idris menyebut, Ngubek Empang merupakan tradisi budaya Betawi Depok. Agenda Lebaran Depok tersebut berlangsung selama 17-20 Mei, dengan tujuan melestarikan budaya di Kota Depok.

"Terima kasih kepada panitia penyelenggara dan pelaksana, ini bagian daripada Lebaran Depok yang kita selenggarakan nanti hari Rebo, Kamis, Jumat, dan Sabtu," kata Idris saat acara Ngubek Empang di Kota Depok, Senin.

Menurut Idris, Lebaran Depok secara tradisi memang tidak diadakan dalam sehari, sebab ada sejumlah persiapan yang dilakukan. "Seperti beli baju baru, persiapan makanannya dalam hal ini Ngubek Empang, ada juga potong Kebo Andil yang masuk dalam rangkaian, nanti pada hari H Lebaran Depok, kita makan sama-sama seperti Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Idris mengeklaim, persiapan pelaksanaan Lebaran Depok 2023 di Kecamatan Bojongsari saat ini sudah 95 persen. Acara itu nantinya mengundang menteri serta para kepala daerah di tingkat provinsi dan kota yang bersebelahan dengan Kota Depok.

"Menteri-menteri akan diundang, Pak Gubernur Jawa Barat masih dalam konfirmasi, lalu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, kemudian Wali Kota Jakarta Selatan, Wali Kota Jakarta Timur, semua diundang," tuturnya.

Idris menargetkan, sekitar 5.000 masyarakat akan memeriahkan Lebaran Depok dalam sehari, yang diprediksi berasal dari Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

"Targetnya minimal wisatawan dari kota tetangga seperti Jabodetabek, mudah-mudahan mereka datang dan melihat bagaimana Depok ini ternyata tradisinya tidak beda dengan Jabotabek," ujar Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement