Rabu 24 May 2023 08:46 WIB

Pemerintah Segera Bangun Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Rengat-Pekanbaru

Ruas tol Rengat-Pekanbaru terhubung dengan Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Dumai.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Provinsi Riau sepanjang 40 kilometer.
Foto: Dok BPTJ
Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Provinsi Riau sepanjang 40 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah dalam waktu dekat akan mulai membangun Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Rengat-Pekanbaru. Pembangunan dimulai dari Seksi Lingkar Pekanbaru agar ruas jalan tol yang sudah ada di Provinsi Riau dapat terhubung satu sama lain.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta, mengatakan, pembangunan Seksi Lingkar Pekanbaru didahulukan karena segmen tersebut akan menghubungkan tiga ruas JTTS sekaligus, yaitu ruas Rengat-Pekanbaru, Pekanbaru-Bangkinang, dan Pekanbaru-Dumai.

"Dengan demikian konektivitas wilayah di Provinsi Riau akan semakin baik guna mendukung distribusi logistik maupun mobilitas masyarakat," kata Febry dikutip dari siaran pers KSP di Kota Pekanbaru pada Rabu (24/5).

Menurut dia, tahapan konstruksi pembangunan JTTS Seksi Lingkar Pekanbaru ditargetkan dimulai pada pertengahan Juni 2023 dan selesai paling lambat Oktober 2024. "Pengadaan tanahnya sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan pemerintah daerah," ucap Febry.