Jumat 02 Jun 2023 15:07 WIB

Harga Samsung Galaxy S23 Dinilai Kemahalan, Mengapa?

Cukup menarik melihat Samsung memberikan persentase biaya tertinggi kepada Qualcomm.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Harga ponsel Samsung Galaxy S23 dinilai sangat mahal dibandingkan biaya produksinya.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Harga ponsel Samsung Galaxy S23 dinilai sangat mahal dibandingkan biaya produksinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat mencari ponsel Android kelas atas, orang bisa menyiapkan anggaran kurang lebih 1,199 dolar AS atau sekitar Rp 17 jutaan. Bagi yang ingin mendapatkan konfigurasi lebih baik, harus merogoh sampai 1,619 dolar. Angka tersebut adalah informasi harga terkini untuk Galaxy S23 Ultra, yang dianggap sebagai salah satu ponsel Android termahal di pasaran.

Namun tahukah Anda berapa biaya yang dibutuhkan Samsung untuk memproduksi Galaxy S23 Ultra? Itu bahkan tidak mendekati angka 1.000 dolar AS, dengan biaya pembuatannya tidak mendekati 500 dolar AS.

Baca Juga

Counterpoint Research menggali lebih dalam bill of material (BoM) dari Galaxy S23 Ultra. Counterpoint Research dikenal sebagai lembaga yang biasa menganalisis sisi dalam  industri. Tepatnya, ini adalah salah satu firma riset pasar teknologi global tepercaya di industri TMT. Jadi, analisis laporannya yang terperinci umumnya melalui proses ketat.

Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Counterpoint Research, bill of material mencapai harga yang agak mengecewakan yaitu 469 dolar AS. Itu 154 persen lebih murah dari harga eceran model awal.