Ahad 04 Jun 2023 23:57 WIB

Pejabat Intelijen Berbagai Negara Lakukan Pertemuan Rahasia di Singapura

Pejabat senior dari dua lusin badan intelijen utama dunia gelar pertemuan rahasia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pejabat senior dari sekitar dua lusin badan intelijen utama dunia mengadakan pertemuan rahasia di sela pertemuan keamanan
Foto: AP Photo/MINDEF
Pejabat senior dari sekitar dua lusin badan intelijen utama dunia mengadakan pertemuan rahasia di sela pertemuan keamanan

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Pejabat senior dari sekitar dua lusin badan intelijen utama dunia mengadakan pertemuan rahasia di sela pertemuan keamanan  pada Ahad (4/6/2023). Pertemuan tersebut belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Pertemuan semacam itu diselenggarakan oleh pemerintah Singapura. Menurut laporan sumber dari Reuters, kegiatan ini diam-diam diadakan di tempat terpisah di samping kegiatan puncak keamanan selama beberapa tahun.

Amerika Serikat (AS) diwakili oleh Direktur Intelijen Nasional Avril Haines yang merupakan kepala komunitas intelijen. Menurut sumber dari India, Kepala Badan Pengumpulan Intelijen Luar Negeri India Research and Analysis Wing Samant Goel.

"Pertemuan itu merupakan perlengkapan penting dalam agenda bayangan internasional," kata seseorang yang mengetahui diskusi tersebut.