Jumat 09 Jun 2023 19:46 WIB

Resmi Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games 2023, CdM Indonesia: Pencapaian Luar Biasa

Selain juara umum, tim Indonesia memecahkan rekor di 15 cabang olahraga.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja.
Foto: Wikipedia
ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef de Mission (CdM) Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Andi Herman, mengatakan pencapaian kontingen Indonesia di edisi kali ini sangat luar biasa. Pasalnya, tak hanya mencatatkan hattrick juara umum, namun ada 15 cabang olahraga yang memecahkan rekor antara lain empat nomor angkat beban dan 11 renang.

ASEAN Para Games 2023 Kamboja berlangsung sejak 3-9 Juni. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan raihan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu dengan total 401 medali.

Baca Juga

"Ini melampaui target 121 emas," ujar Andi dalam jumpa pers lewat zoom, Jumat (9/6/2023).

Menurut Andi, capaian melebih target tersebut berdasarkan perhitungan dan catatan atlet, hasil tryout, dan juga perbandingan kompetitor. Selain itu, Andi juga melihat para atlet memiliki daya juang yang tinggi.

Andi menambahkan, perhatian yang setara oleh pemerintah terhadap atlet ASEAN Para Games dan non-Para Games juga memberikan dampak kepada atlet. Ia berharap dengan begitu atlet terus semangat meraih prestasi yang lebih tinggi.

Andi mengatakan, setelah ini atlet akan langsung berlatih di pelatnas untuk turnamen berikutnya, yakni Asian Para Games dan mencari poin untuk Paralympic 2024 Paris. Bahkan atlet bulu tangkis akan langsung ke Kanada untuk mencari poin Paralympic.

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia memastikan pemerintah akan memberikan apresiasi yang sama seperti yang diberikan kepada atlet SEA Games. Ia merasa bangga dengan hattrick juara umum kontingen Indonesia. Mewakili pemerintah, Angkie mengucapkan terima kasih kepada para atlet. "Ini sangat luar biasa sekali," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement