Ahad 11 Jun 2023 13:26 WIB

Dominasi PlayStation, Berawal dari Rasa Frustasi

Pada awal 1990-an, Sony berencana bekerja sama dengan Nintendo untuk mengembangkan perangkat tambahan berbasis CD-ROM untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
Foto: network /Vidita
.

Unsplash/Nikita K
Unsplash/Nikita K

Sony PlayStation adalah konsol gim yang kemunculannya mampu mengubah lanskap industri. Pada awal 1990-an, Sony memiliki rencana untuk bekerja sama dengan Nintendo untuk mengembangkan perangkat tambahan berbasis CD-ROM untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Namun, kesepakatan tersebut gagal dan Nintendo beralih untuk bekerja dengan Philips. Sony merasa frustrasi dengan pembatalan proyek tersebut dan memutuskan untuk melangkah sendiri ke industri gim. Pada 1994, Sony secara resmi meluncurkan konsol permainan pertama mereka, PlayStation (PS).

PlayStation menghadirkan perubahan besar dengan mengadopsi teknologi CD-ROM sebagai media penyimpanan utama, yang pada saat itu merupakan langkah maju dari kartu gim atau cartridge yang digunakan oleh konsol lainnya seperti SNES atau Sega Genesis.

PlayStation pun mendapatkan popularitas yang cepat dan mengesankan. Dukungan pihak ketiga yang kuat, seperti pengembang game terkenal seperti Square Enix (sekarang Square Enix), Capcom, dan Konami, membantu menjadikannya platform yang diminati para penggemar game.