Senin 19 Jun 2023 12:32 WIB

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Ajarkan Manfaat Budidaya Rumput Laut di Jeneponto

Para nelayan juga diajak menjaga kelestarian pantai dan laut.

Red: Gilang Akbar Prambadi
KNP memberikan edukasi pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budidaya rumput laut di Jeneponto, Sulsel.
Foto: Dok. Knp
KNP memberikan edukasi pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budidaya rumput laut di Jeneponto, Sulsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEPONTO -- Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menggelar edukasi dengan kelompok nelayan dan warga di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. 

Dengan tema ‘Edukasi Pelestarian Air dan Peningkatan Ekonomi Nelayan Melalui Tata Kelola Budidaya Rumput Laut’, KNP memaparkan sejumlah hal ke masyarakat di Jeneponto.

Baca Juga

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Indra Gunawan menjelaskan, tujuan dari kegiatan para simpatisan Ganjar Pranowo ini agar masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan bisa paham menjaga lingkungan.

“Tujuan (kegiatan) berupa memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana metode menjaga lingkungan hidup yang secara berkelanjutan,” kata Indra, seperti dilansir pada Senin (19/6/2023). 

Menurut Indra, respons dari masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, sangat baik. Terbukti mereka banyak memberikan pertanyaan kepada pembicara yang merupakan dari Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan.

“Sangat baik, dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini karena berkait dengan profesi dari mereka,” ujarnya

Sementara itu, tokoh masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Irwan Daeng Lassa, menyambut baik kegiatan edukasi yang diselenggarakan oleh komunitas nelayan tersebut. 

Selain memberikan edukasi kepada terkait pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budi daya rumput laut, Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan turut memberikan bantuan berupa tali untuk budidaya rumput laut.

Di Jeneponto juga, KNP telah memberikam pelatihan keselamatan melaut sebagai bentuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja saat bekerja mencari rezeki di laut.

"Kami memberi edukasi dengan memberikan materi pelatihan keselamatan untuk para nelayan. Pelatihan meliputi cara mengenakan pelampung secara baik dan benar termasuk memanfaatkan fitur pada pelampung," ujar Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel untuk Ganjar, Zulfikar Amri. 

Ia mengatakan, provinsi itu memiliki potensi kelautan dan perikanan sangat besar terutama perikanan tangkap. Namun biasanya dalam proses penangkapan ikan nelayan kurang memahami dan memperhatikan keselamatan dan keamanan kerja sehingga kasus kecelakaan di laut masih tinggi.

"Kami mengedukasi para nelayan perihal waktu yang tepat untuk melaut. Para nelayan juga didorong untuk bisa memantau cuaca, navigasi, arah angin lewat berbagai platform yang telah disediakan pemerintah," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِنْ طَاۤىِٕفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَاۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰىهُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْۤءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۖفَاِنْ فَاۤءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Dan apabila ada dua golongan orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat zalim terhadap (golongan) yang lain, maka perangilah (golongan) yang berbuat zalim itu, sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil, dan berlakulah adil. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

(QS. Al-Hujurat ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement