Selasa 20 Jun 2023 08:59 WIB

Tolak Klub Al Hilal, Messi Tetap Terima Bayaran Rp 369 Miliar dari Pemerintah Arab Saudi

Lionel Messi tetap menjadi duta pariwisata Arab Saudi selama 3 tahun ke depan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, saat mengunjungi lingkungan Al Turaif yang bersejarah di Diriyah, Riyadh, Arab Saudi, Selasa (2/5/2023). Tampak Messi bersama istrinya Antonela Roccuzzo.
Foto: Saudi Gazette
Bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, saat mengunjungi lingkungan Al Turaif yang bersejarah di Diriyah, Riyadh, Arab Saudi, Selasa (2/5/2023). Tampak Messi bersama istrinya Antonela Roccuzzo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Argentina, Lionel Messi, baru-baru ini menolak kepindahan ke Arab Saudi demi bergabung dengan tim Liga Amerika Serikat (MLS), Inter Miami, tetapi tetap menjadi duta pariwisata negara tersebut. Messi dilaporkan akan menerima 22,5 juta euro atau sekira Rp 369 miliar selama tiga tahun untuk beberapa penampilan komersial, postingan media sosial, dan liburan ke negara tersebut.

Sesuai laporan di New York Times dikutip Sportskeeda, Selasa (20/6/2023), pemain asal Argentina ini mengantongi bayaran yang menakjubkan untuk beberapa posting di media sosial (medsos) dan melakukan beberapa perjalanan ke Arab Saudi. Selain itu, sebagai bagian dari kesepakatan, ia tidak dapat membuat komentar yang akan "menodai" reputasi Arab Saudi.

Baca Juga

Messi telah mengunjungi Arab Saudi dua kali sejauh ini. Kunjungan terakhirnya membuatnya berada dalam masalah dengan Paris Saint-Germain (PSG). Pemenang Piala Dunia 2022 FIFA ini harus mengeluarkan permintaan maaf atas perjalanannya dan diskorsing selama dua pekan oleh PSG.

Setelah permintaan maaf tersebut, PSG mengurangi skorsing menjadi satu pertandingan dan pemain asal Argentina itu kembali berlatih. Messi habis masa kontraknya di PSG dan meninggalkan klub sebagai pemain bebas agen.

Lionel Messi sempat dikaitkan dengan kepindahannya ke Arab Saudi, seperti mantan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Namun ia menolak tawaran Al Hilal yang akan memecahkan rekor transfer terbesar di dunia.

Mengapa Lionel Messi menolak pindah ke Arab Saudi?

Al Hilal sangat tertarik untuk merekrut Lionel Messi dan menawarkan kontrak dengan rekor dunia untuk memikat pemain asal Argentina tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Marca. Namun, tawaran 500 juta euro atau sekira Rp 8,2 triliun per musim itu ditolak karena Messi tidak ingin pindah ke Timur Tengah.

Berbicara kepada Sport, Messi mengkonfirmasi bahwa ia mendapat tawaran dari Arab Saudi dan akan pindah ke sana jika ia menginginkan uang. Namun, keinginannya adalah untuk kembali ke Barcelona dan jika itu tidak terjadi, maka ia akan meninggalkan Eropa.

"Jika hal di Barcelona tidak berhasil, saya ingin meninggalkan Eropa, keluar dari sorotan dan lebih memikirkan keluarga saya. Jika itu masalah uang, saya akan pergi ke Arab Saudi atau tempat lain. Bagi saya, itu tampak seperti uang yang sangat banyak dan kenyataannya adalah bahwa keputusan saya adalah untuk hal yang lain, bukan untuk uang," kata Messi.

Messi telah menandatangani kontrak dengan Inter Miami dan diperkirakan akan melakukan debutnya pada akhir Juli 2023. Ia telah bergabung dengan tim nasional Argentina pekan lalu dan akan bergabung dengan tim MLS tersebut setelah berlibur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement