Selasa 20 Jun 2023 17:59 WIB

86 Ribu Pekerja Rentan di Kabupaten Tangerang Sudah Tercover BPJS

Pemkab Tangerang targetkan 100 ribu pekerja rentan bisa dicover BPJS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan sebanyak 86.000 orang pekerja rentan di Kabupaten Tangerang, Banten, sudah tercover program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal dikatakan Bupati Zaki saat menghadiri acara simbolis penyerahan santunan kematian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang digelar di GSG Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (20/6/2023).

"Di tahun 2023 ini ada penambahan sehingga total yang sudah tercover sebanyak 86.000 orang pekerja rentan di Kabupaten Tangerang. Ke depannya Saya berharap akan terus lagi bertambah jumlah kepesertaan pekerja rentan di Kabupaten Tangerang bahkan ditargetkan di ABT 2023 ini bisa mencapai 100.000 kepesertaan BPJS bagi pekerja rentan," katanya, Selasa (20/6/2023).

Lebih lanjut Zaki berharap sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dapat terus dioptimalkan dalam rangka memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi para pekerja peserta jaminan sosial Ketenagakerjaan ketika mengalami risiko sosial.

"Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan hari ini dan bagi para penerima manfaat yang hari ini diberikan secara simbolis, kepada ahli waris agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melanjutkan hidup kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nunung Nuryartono menambahkan, angka pekerja rentan dengan kemiskinan ekstrem cukup banyak, namun dari keseluruhan angka, tidak semua pekerja rentan terlindungi oleh jaminan sosial. Dia sangat mengapreasiasi Pemkab Tangerang yang terus aktif mendorong para pekerja rentan mendapatkan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan melalui berbagai terobosan.

"Di Kabupaten Tangerang, Saya menerima laporan bila sebanyak 86 ribu pekerja rentan telah tercover oleh jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Ini patut kita apresiasi dan suatu langkah bagus yang telah dilakukan oleh Bupati Tangerang," ujarnya.

Ia menambahkan, ada kenaikan angka kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di kabupaten Tangerang dari 2022 yakni 50 ribu, ke 2023 dengan angka 86 ribu peserta BPJS Ketenangakerjaan dengan pekerja rentan kemiskinam ekstrem. Ia menambahkan, hal ini tentunya merupakan langkah bagus, karena bisa membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang hingga saat ini telah mendaftarkan 86.000 pekerja rentan di Kabupaten Tangerang.

"Saat ini untuk daerah tingkat 2, Kabupaten Tangerang yang nomor satu di Indonesia dengan mengikutkan kepesertaan terbanyak di Indonesia. Ini merupakan suatu hal yang benar-benar membanggakan dan sangat perlu diapresiasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement