Selasa 27 Jun 2023 23:40 WIB

UNJ Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi

Program di UNJ jadi satu-satunya magister LPTK di Indonesia yang fokus pendidikan

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Program magister pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (PMMPT) Tahun Akademik 2023/2024.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Program magister pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (PMMPT) Tahun Akademik 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program magister pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (PMMPT) Tahun Akademik 2023/2024. Program tersebut menjadi satu-satunya program magister manajemen pendidikan tinggi dari seluruh LPTK di Indonesia yang berfokus pada kependidikan, khususnya pada mengembangkan prosedur operasional standar (SOP) dan merancang program pengujian berdasarkan standar internasional.

“PMMPT Pascasarjana UNJ merupakan satu satunya magister manajemen pendidikan tinggi dari seluruh LPTK di Indonesia yang berfokus pada kependidikan," ujar Kordinator Pusat Kerja Sama dan Pengembangan Pascasarjana UNJ Arita Marini dalam siaran pers, Selasa (27/6/2023).

Program itu merupakan program magister baru yang berfokus pada kependidikan, khususnya pada mengembangkan SOP dan merancang program pengujian berdasarkan standar internasional, yakni AERA/APA/ NCME. Tak hanya itu, program tersebut juga memiliki pengembangan keilmuan pendidikan. Pentingnya peran manajemen pendidikan tinggi di masa mendatang mendorong UNJ untuk membuka PMMPT dengan Surat Keputusan Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 717/E.O/2022.

PMMPT Pascasarjana UNJ diharapkan dapat menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan, yakni konsultan, pengelola, pengawas dan tenaga adminsitratif, pada lembaga pendidikan tinggi. Untuk itu, bagi masyarakat yang sudah berkarir sebagai tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya dapat mendaftar dan mengikuti pendidikan di PMMPT Pascasarjana UNJ.

Kegiatan pembelajaran di PMMPT Pascasarjana UNJ dilakukan dengan berbagai bentuk pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa, seperti menerapkan model pembelajaran project base learning, case base learning, problem base learning, kooperative learnig. Hal itu dilakukan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan yang harus diwujudkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global. 

Bagi masyarakat yang berminat mendaftarkan diri untuk kelas PMMPT Pascasarjana UNJ ini, dapat mengakses informasinya melalu laman resmi UNJ atau dapat datang langsung ke Gedung M Pascasarjana di Kampus A UNJ. Untuk pendaftaran dapat diakses melalu laman https://penmaba.unj.ac.id/.

Kemudian untuk jadwal pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa PMMPT Pascasarjana UNJ dibuka setiap semesternya, baik semester ganjil maupun genap pada beberapa gelombang pendaftaran. Pendaftaran terdekat, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada Semester Ganjil Gelombang tiga. Di mana, pendaftaran gelombang ketiga akan berlangsung pada 19 Juni-29 Juli 2023. Lalu pelaksanaan seleksi tulis pada 5 Agustus 2023. Kemudian pengumuman akan dilakukan pada 9 Agustus 2023.

“PMMPT Pascasarjana UNJ bisa diikuti oleh alumni S1 dari program studi mana pun. Namun demikian, mereka yang berasal bukan dari prodi pendidikan akan diarahkan untuk mengikuti matrikulasi,” jelas  Direktur Pascasarjana UNJ Dedi Purwana.

PMMPT Pascasarjana UNJ dia sebut memiliki keunggulan yang berbeda dari kampus non-LPTK yang sudah membuka lebih dulu PMMPT yang lebih fokus kepada kajian manajemennya. Di PMMPT Pascasarjana UNJ, kata dia, fokusnya benar-benar pada kajian manajemen dan kependidikan sesuai dengan core competency yang menjadi identitas UNJ.

Sementara itu, Koordinator PMMPT Pascasarjana UNJ Neti Karnati menjelaskan, pengembangan kurikulum PMMPT Pascasarjana UNJ berbasis Outcome Based Education (OBE). Hal itu tercermin dari pengembangan capaian pembelajaran lulusan PMMPT disusun dan dikembangkan berdasarkan visi, misi, profil lulusan, tujuan program studi.

“Capaian pembelajaran lulusan PMMPT dikembangkan pula berdasarkan KKN I level 8. Penerapan kurikulum PMMPT Pascasarjana UNJ dalam kegiatan pembelajaran didesain agar mampu mengembangkan keterampilan kompetitif yang diperlukan untuk menghadapi tantangan pendidikan pada abad 21,” kata Neti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement