Rabu 28 Jun 2023 17:25 WIB

UI Raih Predikat Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

UI berhasil meraih peringkat 237 perguruan tinggi terbaik dunia.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Natalia Endah Hapsari
Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih peringkat 237 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Ranking (QS WUR) 2024.
Foto: Humas UI
Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih peringkat 237 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Ranking (QS WUR) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih peringkat 237 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Ranking (QS WUR) 2024. Berdasarkan data yang dirilis Quacquarelli Symonds dalam website topuniversities.com pada Selasa (27/6/2023), UI naik 11 peringkat dari semula ranking 248 dunia pada tahun 2023.

Raihan tersebut menempatkan UI di klasemen puncak perguruan tinggi terbaik di Indonesia, disusul dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat kedua dengan posisi ke-263 dunia dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi ketiga dengan posisi ke-281 dunia. Sementara di level regional, UI berhasil mengamankan posisi kesembilan se-Asia Tenggara. Perolehan tersebut sekaligus menjadi capaian terbaik UI dalam kurun 10 tahun ke belakang.

Baca Juga

Pada tahun 2024, QS melakukan pemeringkatan kepada 1.500 institusi perguruan tinggi di 104 negara. Ranking tersebut disusun berdasarkan capaian kinerja pada berbagai kriteria. Secara khusus, perankingan 2024 menambahkan tiga matriks baru, yaitu keberlanjutan, pekerjaan lulusan, dan jejaring riset internasional. UI mendapatkan overall score 40.9.

Rektor UI, Ari Kuncoro, menanggapi prestasi tersebut dengan penuh syukur dan terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk selalu memberikan yang terbaik. Menurut dia, prestasi tersebut merupakan hasil dari kerja sama, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari semua pihak yang ada di UI.

“Prestasi UI adalah hasil kerja sama, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari civitas akademika. Selama tiga tahun terakhir, tren ranking UI konsisten meningkat. Ke depan, kami akan terus memperbaiki kualitas agar semakin diakui di tingkat global,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris, menambahkan, capaian tersebut merupakan buah dari berbagai upaya peningkatan reputasi akademik dan global engagement yang telah UI lakukan. Selama beberapa tahun terakhir, kata dia, UI terus memperluas kemitraan internasional, di bidang pendidikan dan riset dengan memperbanyak program double-degree.

“Lalu memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing, serta mengirimkan mahasiswa dan dosen UI dalam program-program student dan professor exchange ke kampus-kampus terbaik dunia,” ujar penasihat tim World Class University (WCU) UI itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement