Senin 10 Jul 2023 16:06 WIB

Transgender Menang Miss Universe Belanda, Warganet: Anda Curi Titel Ini dari Wanita Sejati

Kemenangan Rikkie Valerie Kolle sebagai Miss Universe Belanda mendapat kritikan.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda. Kemenangan Kolle mengundang komentar negatif warganet.
Foto: Instagram
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda. Kemenangan Kolle mengundang komentar negatif warganet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Rikkie Valerie Kolle memantik kontroversi di media sosial. Pasalnya, dia merupakan transgender pertama yang menjadi pemenang Miss Belanda 2023 pada 8 Juli 2023, bukan merupakan wanita asli dari lahir.

Runner-up pertama ajang tersebut adalah Nathalie Mogbelzada yang berusia 26 tahun, berasal dari Amsterdam. Sedangkan Habiba Mostafa dan Lou Dirchs mendapatkan gelar Miss Congeniality dan Miss Social Media. Acara yang digelar di Teater AFAS di Leusden itu dihadiri oleh Miss Universe yang populer, R'Bonnet Gabriel.

Baca Juga

Menangnya Rikkie Valerie Kolle memicu kritik di media sosial, di mana dia disebut laki-laki oleh beberapa pengguna media sosial. Beberapa lainnya tidak puas dengan fakta bahwa laki-laki biologis yang bertransisi menjadi perempuan dalam kontes kecantikan.

"Kami sudah muak dengan omong kosong ini. Anda mencuri titel ini dari wanita sejati. Anda sama sekali tidak punya apa-apa untuk dibanggakan," tulis akun @sensibly*** di kolom komentar akun Instagram pribadi Kolle.