Selasa 11 Jul 2023 05:38 WIB

Isu Dukung Prabowo, Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon Diberi Peringatan

Pernyataan Effendi menimbulkan tafsir seolah hendak berpindah haluan dari PDIP.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus Yulianto
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun mengatakan, telah memberi peringatan kepada kader PDIP yang merupakan Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. Hal itu menyusul munculnya isu dugaan Effendi mendukung Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam konteks pencapresan.

Komarudin mengatakan, PDIP tidak mempermasalahkan mengenai Prabowo yang diundang dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI). Yang dipermasalahkan adalah pernyataan Effendi dalam acara itu yang merepresentasikan dukungan pada Prabowo sebagai pemimpin.

"Sebenarnya tidak ada urusan mau undang siapa itu kan urusan keluarganya Simbolon, yang menjadi masalah itu ketika Effendi menyatakan pemimpin yang tepat yang sekarang dibutuhkan adalah Prabowo. Itu yang menjadi masalah," kata Komarudin usai agenda klarifikasi Effendi Simbolon dengan DPP PDIP di Gedung DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).

Dia menegaskan, bahwa partai hanya menyoroti pernyataan Effendi yang menimbulkan tafsir seolah hendak berpindah haluan dari PDIP. Pasalnya, dalam konteks pencapresan, PDIP secara resmi telah mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

"Itu yang akhirnya kita memberi warning kepada Effendi, setiap orang yang masuk di partai, ketika dia menjadi anggota partai kebebasan diatur oleh partai, jadi enggak bisa lagi ngomong saya orang bebas, enggak bisa," tutur dia

Komarudin menjelaskan, bahwa peringatan itu telah disampaikannya kepad Effendi Simbolon saat melakukan klarifikasi. Turut hadir dalam agenda klarifikasi tersebut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Itu yang saya warning dia di dalam (proses klarifikasi), jika kau menjadi anggota partai maka seluruh kebebasanmu diatur partai, tidak bisa sebabas-bebasnya. Kalau mau bebas ya jangan di partai," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, Politisi PDIP Effendi Simbolon ramai menjadi perbincangan usai mengungkap kekaguman kepada sosok Prabowo Subianto. Bahkan Effendi dikabarkan segera bergabung ke Partai Gerindra.

Kabar itu beredar seusai Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan hadir dalam Rakernas Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) pada Jumat (7/7/2023 di Jakarta. Effendi Simbolon sendiri merupakan ketua umum PSBI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement