Kamis 13 Jul 2023 14:08 WIB

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Kalteng Kembangkan Sejumlah Program Strategis

Pemprov Kalteng juga mengharapkan dukungan BI Kalteng dalam mewujudkan program.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo.
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini tengah memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang bertumpu pada pengembangan potensi sumber daya alam yang mendukung pariwisata daerah, akselerasi investasi daerah, dan pengembangan Program Strategis Nasional (PSN) di Kalteng. Untuk menuntaskan program tersebut Pemprov mengharapkan dukungan dan peran serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah (Kalteng).

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan, kajian dan rekomendasi kebijakan ekonomi, kemudian pemberdayaan UMKM dan kemandirian pangan menjadi hal utama dalam program. Selain itu juga dukungan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah daerah melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah yang sudah terjalin dengan baik, sehingga mampu mendukung akselerasi ekonomi daerah.

Baca Juga

"Bank Indonesia juga ikut berperan dalam hal penanganan Inflasi melalui TPID Prov Kalteng, dan dinilai berhasil dalam menekan inflasi di Kalteng," kata Edy, dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

"Kita semua berharap, pengukuhan dan peresmian Gedung ini menjadi momentum mempererat kolaborasi dan sinergi kita ke depan, dalam memacu pembangunan dan perekonomian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah agar makin baik lagi," tambahnya.

photo
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui sejumlah Program Strategis Nasional (PSN). - (Dok. Pemprov Kalteng)

Lebih lanjut Edy mengungkapkan beberapa program pembangunan yang menjadi fokus pemerintah daerah di antaranya, Pengembangan Lokasi Pariwisata Taman Nasional Sebangau, Pengembangan Food Estate. Lalu pembangunan Shrimp Estate, kawasan industri dan pembangunan pelabuhan utama.

"Untuk menyelesaikan program ini dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya tentu saja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Prov. Kalteng. Mari satukan langkah untuk bersama-sama memajukan pembangunan dan perekonomian daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, demi mewujudkan Kalteng Makin BERKAH untuk Indonesia Maju," jelasnya.

Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat, Edy juga menyampaikan mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi- tingginya kepada Yura Djalins atas pengabdian dan kerja sama yang baik selama satu tahun menjabat Kepala Perwakilan BI Kalteng.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement