Rabu 26 Jul 2023 22:05 WIB

Film Haunted Mansion Pertahankan 'Semangat' Wahana Rumah Hantunya

Film Haunted Mansion terinspirasi oleh atraksi rumah hantu klasik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Haunted Mission.
Foto: Walt Disney Pictures
Salah satu adegan di film Haunted Mission.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disney telah beberapa kali mengadaptasi beberapa wahana atraksi favorit di taman hiburannya menjadi film layar lebar. Sebut saja Pirates of the Caribbean dan Jungle Cruise yang menghadirkan pengalaman sinematik menarik bagi penggemar film.

Menyusul kesuksesan itu, kini Disney merilis film Haunted Mansion, terinspirasi oleh atraksi rumah hantu klasik. Seperti judulnya, film ini menceritakan sebuah rumah besar berhantu, yang ditinggali oleh ibu-anak bernama Gabbie (Rosario Dawson) dan Travis (Chase W Dillon).

Baca Juga

Gabbie meminta sekelompok ahli untuk membantu membersihkan rumah mereka dari gangguan arwah-arwah gentayangan. Para pakar yang dia hubungi bukan cuma ahli spiritual, tapi juga astrofisikawan dan sosok sejarawan.

Haunted Mansion disutradarai oleh sineas Justin Simien dengan skenario yang ditulis oleh Katie Dippold. Para pemerannya antara lain LaKeith Stanfield, Tiffany Haddish, Owen Wilson, Danny DeVito, Daniel Levy, Jamie Lee Curtis, dan Jared Leto.

Dan Lin dan Jonathan Eirich, tim produksi yang menggarap film live-action Aladdin, turut dilibatkan dalam adaptasi layar lebar Haunted Mansion. Lewat pernyataan resmi Disney, mereka menjamin versi film akan setia pada semangat dari wahana atraksi populer itu.

Sensasi seram kemunculan hantu-hantu ikonik dan balutan humor dikemas dalam cerita modern yang menampilkan karakter beragam. Sekelompok aktor beragam dilibatkan untuk menghidupkan karakter yang penuh warna dengan keunikan dan keeksentrikan masing-masing.

Untuk mengakomodasi aksi sinematik dan tuntutan pembuatan film, desainer produksi Darren Gilford dan tim departemen seni menerapkan kebebasan kreatif dengan skala ruang interior Mansion. Lantas, mendesainnya menjadi jauh lebih besar dibanding atraksi "rumah hantu" yang ada.

Produser Jonathan Eirich menjelaskan bahwa niat kolektif tim adalah untuk memastikan film Haunted Mansion membuat penonton merasakan langsung atraksi rumah hantu itu. Penonton bisa menjelajahi dan menyerap semua detail dari dunia tersebut.

Itu sebabnya tim benar-benar teliti dalam melihat sejarah dan desain atraksi, lantas menafsirkannya dalam kehidupan nyata. Semua dilakukan dengan skala yang cermat, juga palet warna, perabotan, dan beragam detail seperti wallpaper, gagang pintu, dan lukisan.

"Itu semua dilakukan untuk menciptakan perasaan yang sama ketika orang-orang menaiki permainan di taman hiburan Disney. Kami ingin para penggemar turut merasa berada dalam perjalanan ini dan menemukan dunia yang lebih besar dalam Haunted Mansion," kata Eirich.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement