Jumat 28 Jul 2023 16:44 WIB

Yuk Kenalan dengan CWLS SWR-004, Singkatan Apa Sih?

Masa penawaran berlangsung hingga 31 Agustus 2023.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Nasabah BSI sedang mendapatkan informasi terkait pembelian CWLS SWR 004.
Foto: BSI
Nasabah BSI sedang mendapatkan informasi terkait pembelian CWLS SWR 004.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri Sukuk Wakaf Ritel SWR-004 merupakan produk investasi sosial yang bertujuan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi umat dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Masa penawaran dimulai sejak 7 Juli 2023 sampai 31 Agustus 2023.

SWR004 ini memiliki tenor dua tahun yang akan berakhir pada 10 September 2025 dan menawarkan imbal hasil atau kupon mengambang atau yang dikenal dengan floating with floor sebesar 5,85 persen setiap tahunnya. Imbalannya akan dibayarkan tanggal 10 setiap bulan dan pembayaran pertama 10 Oktober 203.

Baca Juga

Imbal hasil tersebut, akan disalurkan untuk program atau kegiatan yang memiliki dampak sosial dan ekonomi untuk masyrakat. Adapun program utama yang akan dibiayai oleh SWR004 yakni pemberdayaan produktif dan berkelanjutan seperti petani dan perternak, kemudian bantuan beasiswa pendidikan, bantuan tuna netra, bantuan ekonomi umat, bantuan sanitasi, dan program bebaskan buta aksara Al-Quran yang nantinya akan disalurkan oleh Nazhir atau pengelola dana dan kegiatan wakaf untuk membiayai program sosial dan pemberdayaan ekonomi umat.

Dalam keterangannya, Kementerian Keuangan berharap dengan dirilisnya produk ini dapat memberi fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat individu dan institusi untuk berwakaf uang yang aman dan produktif, mengembangkan inovasi di bidang keuangan dan investasi sosial, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, mendukung Gerakan Wakaf Nasional (GWN). Serta, membantu pengembangan investasi sosial, dan pengembangan wakaf produktif, serta penguatan eksistem wakaf uang di Indonesia, serta berpartisipasi langsung dalam mendukung akselerasi kekuatan ekonomi kerakyatan.