Jumat 18 Aug 2023 23:29 WIB

Kampus dan TK di Jakarta Bersinergi dalam Pelatihan Keamanan Data

Pelatihan keamanan data penting diberikan untuk literasi

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi data pribadi. Pelatihan keamanan data penting diberikan untuk literasi
Foto: Pikist
Ilustrasi data pribadi. Pelatihan keamanan data penting diberikan untuk literasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Dua lembaga pendidikan ternama di Jakarta, Universitas Mercu Buana dan TK Kirstoforus bersinergi dalam melakukan sosialisasi dan pelatihan keamanan data. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian kerjasama yang telah berlangsung selama beberapa tahun. 

Sejak adanya pandemi Covid-19 tiga tahun lalu, pelatihan kerjasama ini selalu dilakukan secara daring. Karena pandemi sudah berakhir, maka pelatihan tahun ini akhirnya dapat dilakukan secara luring.  

Baca Juga

"Permintaan pihak yayasan, karena pandemi telah berakhir maka kegiatan selanjutnya dapat dilakukan secara tatap muka," ujar perwakilan dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Leonard dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (18/8/2023). 

Sebagai informasi, kerja sama antara Universitas Mercu Buana dan TK Kirstoforus bukanlah hal baru. Keduanya telah bekerja sama sejak beberapa tahun yang lalu dalam hal pelatihan dan sosialisasi lingkungan sekolah. Pada 10 Februari 2023, kedua lembaga pun telah menggelar pelatihan yang berfokus pada sosialisasi keamanan data untuk guru sekolah swasta di wilayah Jakarta Barat. 

Pelatihan tersebut memiliki fokus utama pada cara mengamankan data dan bagaimana cara menghindari serta mengenali situs web palsu yang mungkin digunakan untuk mencuri data sensitif. Para peserta pelatihan mendapatkan wawasan mendalam tentang pentingnya menjaga kerahasiaan data di dunia digital yang semakin kompleks. 

Selain itu, pelatihan ini juga menyentuh aspek kreativitas dalam pendidikan. Di akhir pertemuan, para peserta diberikan pelatihan tentang cara membuat animasi dengan menggunakan aplikasi berlisensi bebas. Animasi sederhana ini memiliki peran penting dalam menarik minat peserta didik di dalam kelas. 

Dalam dunia yang kian digital, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi semakin krusial, dan pelatihan ini memberikan wawasan berharga bagi para guru. 

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari para peserta, terutama para guru. Mereka merasa senang dan bersemangat dengan adanya pelatihan pembuatan animasi sederhana di akhir pertemuan. Hal ini membuka wawasan baru bagi mereka dalam hal pengembangan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. 

Senada dengan Leonard, Perwakilan Universitas Mercu Buana Rapelino menjelaskan kerja sama antara Universitas Mercu Buana dan TK Kirstoforus ini adalah salah satu contoh nyata bagaimana lembaga pendidikan dapat bekerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada peserta didik dan guru. 

"Kami percaya bahwa pendidikan adalah investasi masa depan, dan melalui kerjasama ini, kami berupaya memberikan dampak positif bagi komunitas pendidikan," tambahnya. 

Baca juga: Upaya Para Nabi Palsu Membuat Alquran Tandingan, Ada Ayat Gajah dan Bulu

Pertemuan ini juga menjadi platform yang penting bagi pertukaran gagasan dan pengalaman antara kedua lembaga. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, berbagi pengetahuan dan praktik terbaik adalah hal yang sangat berharga. 

Diharapkan bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut dan menginspirasi lembaga pendidikan lainnya untuk berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Kerja sama antara Universitas Mercu Buana dan TK Kirstoforus dalam hal sosialisasi dan pelatihan lingkungan sekolah serta keamanan data telah menjadi contoh sukses bagaimana pendidikan dapat beradaptasi dengan perubahan zaman.  

"Melalui inovasi dan kerja sama yang kokoh, kami harap pendidikan tetap dapat berkembang dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan generasi muda," kata Rapelino.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement