Rabu 23 Aug 2023 05:40 WIB

Viral Video Jokowi Kebablasan Inspeksi Pasukan di Kenya, Istana Beri Penjelasan

Ada perbedaan tata upacara militer dan aturan keprotokolan di Indonesia dan Kenya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Kenya, Senin (21/8/2023).
Foto: dok. Laily Rachev - Biro Pers
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Kenya, Senin (21/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet di lini masa X dihebohkan dengan video ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi pasukan. Langkah Jokowi yang kebablasan sampai membuat pengawal militer mengingatkannya untuk berhenti dan melakukan penghormatan.

Istana pun memberikan penjelasannya terkait video viral Presiden Jokowi saat melakukan pemeriksaan pasukan di upacara penyambutan kenegaraan di Nairobi, ibu kota Kenya tersebut. Deputi Bidang Protokol, Pers, Media, dan Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyebut, peristiwa itu terjadi di Kenya pada Senin (21/8/2023).

Baca Juga

"Kejadian tersebut terjadi ketika Bapak Presiden sedang melakukan pemeriksaan pasukan dalam rangkaian penyambutan kenegaraan di Republik Kenya, Senin, 21 Agustus 2023," kata Bey kepada wartawan di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Bey menjelaskan, insiden itu terjadi karena adanya perbedaan tata upacara militer dan aturan keprotokolan negara di Indonesia dan Kenya. Dalam tata upacara militer dan aturan keprotokolan negara yang berlaku di Indonesia, sambung dia, kepala negara hanya memberi hormat sekali kepada bendera.