Selasa 12 Sep 2023 12:53 WIB

AS Sebut Putin Minta Bantuan Kim Jong Un

Putin sedang meminta bantuan pada Kim Jong Un

Red: Esthi Maharani
Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (11/9/2023) menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sedang
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (11/9/2023) menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sedang "meminta bantuan" menjelang pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (11/9/2023) menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sedang "meminta bantuan" menjelang pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Saya pikir cukup adil dalam mengatakan bahwa, harus melakukan perjalanan untuk melintasi negaranya sendiri... untuk bertemu dengan seorang paria internasional guna meminta bantuan dalam perang yang diharapkan akan dimenangkannya pada awal bulan, saya akan menyebutnya sebagai meminta bantuan," kata juru bicara Deplu AS Matthew Miller kepada wartawan saat arahan pers harian.

Baca Juga

"Sekarang kita lihat mungkin ada sesuatu yang dia tawarkan sebagai imbalan, kita lihat saja kapan itu akan terjadi," lanjut dia.

Miller menekankan bahwa kunjungan tersebut dilakukan setelah KTT G20 di New Delhi, mengatakan bahwa hal tersebut "sebagian besar karena status paria internasionalnya".