Rabu 13 Sep 2023 22:55 WIB

Biaya Medis Naik, Perencana Keuangan: Tebalkan Dana Darurat

Pos kebutuhan kesehatan perlu diatur setiap bulannya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Nora Azizah
Masyarakat perlu mengatur budget dan membuat pos-pos kebutuhan untuk menjaga kesehatan setiap bulannya.
Foto: www.freepik.com
Masyarakat perlu mengatur budget dan membuat pos-pos kebutuhan untuk menjaga kesehatan setiap bulannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, Indonesia sedang berhadapan dengan kondisi pascapandemi, yakni lebih banyak masyarakat mencari pengobatan atau meningkatnya permintaan perawatan di Rumah Sakit. Menurut Asia Pacific Personal Habits Survey 2022, peningkatan ini dilatarbelakangi oleh gaya hidup masyarakat selama pandemi yang tidak sehat, khususnya pada Gen Z dan milenial. Kondisi ini meningkatkan timbulnya penyakit seperti obesitas maupun penyakit metabolik. 

Penundaan pengobatan yang dilakukan masyarakat selama pandemi berdampak buruk terhadap penyakit yang sedang diderita sehingga memperparah penyakit dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Di sisi lain, fakta yang juga sedang dihadapi saat ini adalah adanya kondisi biaya kesehatan yang terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan melonjaknya kebutuhan masyarakat untuk berobat ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga

Certified Financial Planner (CFP) Perencana Keuangan & Founder mengingatkan bahwa mengelola keuangan dengan baik adalah cara yang paling utama dalam menyiasati kenaikan biaya medis. Saat ini, kata dia, masyarakat perlu mengatur budget dan membuat pos-pos kebutuhan untuk menjaga kesehatan setiap bulannya. 

"Termasuk menebalkan dana darurat, masyarakat juga harus memastikan diri dan keluarga terdaftar menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan yang aktif seperti BPJS, dan juga melakukan evaluasi berkala terhadap kondisi kesehatan (Medical Check Up) dan keuangan (Financial Check Up) maupun produk-produk asuransi yang dimiliki," ujar Metta dalam Media Workshop bertajuk ‘Biaya Medis Naik Terus, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?’ yang digelar oleh Allianz Indonesia secara daring, Rabu (13/9/2023).