Sabtu 16 Sep 2023 08:47 WIB

Alasan Idol K-Pop Merokok, Ternyata Ada yang Alasannya demi Suara

Ada 2 alasan paling umum mengapa idol K-pop merokok.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop saat konser (ilustrasi). Sebagian bintang K-pop merokok atau ngevape ternyata demi memproleh suara rendah.
Foto: AP Photo/Korea Pool
Grup K-pop saat konser (ilustrasi). Sebagian bintang K-pop merokok atau ngevape ternyata demi memproleh suara rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, banyak bintang Korea Selatan yang kedapatan sedang merokok atau terlihat membawa vape. Apa yang membuat merokok begitu umum di kalangan para idol namun secara bersamaan mereka juga tidak ingin terlihat merokok di publik?

Dilansir laman Koreaboo, sebuah video Tiktok pada Juni 2023, memperlihatkan mantan trainee K-pop Bianca Zhou mengungkapkan dua alasan paling umum mengapa bintang K-pop merokok atau menghisap vape. “Merokok sebenarnya cukup umum, lebih umum daripada yang orang-orang pikirkan,” kata Bianca, yang berlatih bersama pelatih SM Entertainment dan YG Entertainment.

Baca Juga

Meskipun ganja dilarang keras di Korea, negara tersebut memiliki budaya seputar merokok dan vaping nikotin. “Selain itu, banyak idol K-Pop berasal dari negara lain seperti Cina, Amerika Serikat, dan Jepang, yang budaya merokoknya lebih lazim,” kata Bianca lagi.

Tapi mengapa para idol yang mata pencahariannya bergantung pada vokal, tetap bisa tampil memukau, mengingat betapa berbahayanya merokok dan vape bagi kesehatan mereka? Menurut mantan trainee tersebut, bagi idol pria, yang terpenting adalah mencapai nada rendah. Beberapa bintang boy group percaya bahwa merokok dapat menurunkan satu atau dua oktaf suara mereka, menambah kesan serak yang diinginkan, atau bahkan membantu mereka memancarkan aura yang lebih dewasa.