Selasa 19 Sep 2023 21:36 WIB

Musikal Kapan Resign? Angkat Isu Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Persoalan jam kerja dan kemaceta ibu kota membuat banyak pekerja tertekan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Press conferense Kapan Resign? di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Press conferense Kapan Resign? di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Musical Crew (Jaksical) menggelar teater musikal interaktif berjudul Kapan Resign?. Musikal tersebut akan mengisahkan tentang kehidupan dunia kerja yang terjadi saat ini.

Nantinya, penonton akan diajak untuk lebih aware dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat serta produktif. Dengan konsep interaktif, para penonton musikal dapat mengatur jalan cerita dan memilih antara dua pilihan akhir cerita.

Baca Juga

Kapan Resign? akan hadir di Teater Salihara pada tanggal 6-8 Oktober 2023 mendatang sebanyak tujuh kali pertunjukan. Musikal Kapan Resign? juga menggandeng Indonesia Kaya, Goshen Swara Indonesia -Shure, Yamaha, Dekoruma dan PAC Martha Tilaar sebagai brand sponsorship yang ingin ikut dalam misi menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja.

Terlebih, sejak Indonesia memasuki era digitalisasi dan hustle culture. Persoalan tentang jam kerja dan meningkatnya kemacetan di ibu kota membuat banyak pekerja yang merasa tertekan dan kelelahan secara fisik dan mental.

Program Manager Indonesia Kaya, Billy Gamaliel, mengatakan Indonesia Kaya akan selalu mendukung karya Jaksical apalagi kali ini Jaksical menyajikan pertunjukan yang segar dan dekat dengan cerita generasi muda di dunia perkantoran.

"Kreativitas dan semangat ini perlu didukung agar terus melahirkan generasi penerus dari anak-anak muda yang konsisten dalam industri seni pertunjukan di tanah air. Semoga melalui pementasan ini dapat memotivasi generasi muda lainnya, untuk percaya ada harapan yang baik dalam industri seni pertunjukan," kata Billy pada Selasa (19/9/2023).

Co-Produser Musikal Kapan Resign? Farah Labita dan Olivia Dwiyanti mengatakan teater musikal karya Jaksical kali ini berbeda. Pihaknya ingin melahirkan sebuah karya orisinal yang mengangkat isu-isu tentang kesehatan mental di lingkungan kerja yang kerap mereka dengar dari kisah teman-teman maupun yang marak di media sosial “bumout dan hustle culture”.

"Kami berharap lewat pertunjukan ini, generasi muda khususnya kalangan pekerja Indonesia sadar atas bahayanya burnout dan tidak menormalisasi budaya tersebut," ucapnya.

Selain itu, mereka juga berharap lewat pertunjukan musikal ini, banyak perusahaan dengan brand-brand ternama di Indonesia bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan selalu peduli kesehatan mental dan fisik para pegawainya.

Kapan Resign? Menceritakan tentang tiga sekawan yang bekerja bersama di sebuah agensi dengan atasan yang menantang dan drama pekerjaan yang bercampur dengan permasalahan pribadi.

Teater musikal ini juga membawa isu yang kerap dirasakan generasi muda kaum pekerja, seperti orang tua yang suka menuntut, pertanyaan tentang kapan akan menikah, hingga menjadi tulang punggung keluarga. Lingkungan kerja yang tidak mendukung serta permasalahan pribadi yang mengakibatkan kondisi stres dan depresi menjadi konflik dan pesan utama dari musikal ini.

Acara ini akan dipentaskan oleh seniman muda dengan menggandeng Yemima Krisantina sebagai penulis naskah yang dulunya dikenal lewat penulisan script film Eggnoid tahun 2012 bersama Jessica Claudia dan Wishnu Dewanta sebagai Penulis Lagu dan Penata Musik, yang sebelumnya menjadi Penata Musik Musikal Petualangan Sherina dan Musikal Cek Toko Sebelah tahun 2022. Pembelian tiket pertunjukan utama Musikal Kapan Resign? dapat dilakukan pada akhir Agustus 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement