REPUBLIKA.CO.ID, GUANGXI – Berkomitmen kuat dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat bersaing di pasar global, Peruri mengirimkan UMKM binaannya unjuk gigi memamerkan karya terbaik mereka pameran di China–Asean Expo (CAexpo) 2023 Nanning – Guangxi, China pada 16-19 September 2023.
Acara ini diselenggarakan kolaborasi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Di acara tersebut Peruri mengirimkan UMKM Binaan dengan membawa produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh Rumah BUMN Karawang, dengan tujuan menawarkan kerja sama kepada konsumen di negeri tirai bambu. Produk yang ditawarkan mencakup kategori aksesoris, bamboo craft, dan fashion.
Rumah BUMN Karawang merupakan tempat kolaborasi bagi BUMN untuk berbagai kegiatan, belajar, dan membina para pelaku UMKM agar menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas. Selain itu, Rumah BUMN Karawang juga berfungsi sebagai pusat informasi, edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.
Di sisi lain, Peruri memiliki program khusus yang sejalan dengan pengembangan UMKM di Indonesia melalui Peruri Digital Entrepreneur Academy yang ditujukan bagi UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnisnya dengan cara mengoptimalisasikan penggunaan teknologi digital.
“Peruri akan terus meningkatkan partisipasi para UMKM Binaannya untuk bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan baik dalam maupun luar negeri, sehingga produk-produk lokal bisa mendapatkan tempat di pasar global serta ada multiplier effect terhadap perekonomian nasional. Kami memandang bahwa yang terpenting adalah tindak lanjut setelah pameran ini, adanya kerja sama-kerja sama hingga UMKM Go Global,” kata Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri, seperti dinukil pada Senin (25/9/2023).
Pada saat peninjauan booth pameran, Ma’ruf Amin berkesempatan mengunjungi booth Peruri untuk melihat langsung produk unggulan UMKM yang diterima baik oleh masyarakat di sana. UMKM Peruri yang menjajakan produk aksesoris, fashion hingga bamboo craft menyita banyak perhatian masyarakat di sana dan laris manis! Ini membuktikan bahwa negara Tiongkok merupakan pasar produk UMKM Indonesia yang sangat potensial.
“Saya sangat senang dilibatkan dalam pameran CAexpo 2023. Suatu pengalaman yang sangat berharga dapat mengetahui selera pasar masyarakat di sini mulai dari fesyen, craft dan aksesories. Karena kan setiap negara punya ciri khas tersendiri,” ucap Lusy salah satu pelaku usaha UMKM Binaan Peruri.