Senin 25 Sep 2023 12:46 WIB

The Nun II Terikat dengan The Conjuring, Bisakah?

Mungkin banyak penonton bertanya bagaimana The Nun II terhubung dengan The Conjuring.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Penonton mungkin bertanya bagaimana film The Nun akan terikat dengan The Conjuring.
Foto: Dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Penonton mungkin bertanya bagaimana film The Nun akan terikat dengan The Conjuring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film The Nun II membuat heboh secara internasional. Para penggemar The Conjuring Universe bertanya-tanya bagaimana prekuel terbaru ini dapat terhubung dengan masa depan waralaba tersebut. 

Dilansir Collider pada pekan lalu, cara The Nun II berakhir dengan membuat pintu terbuka lebar untuk pertarungan lain (mungkin pertarungan terakhir?) antara Suster Irene dan Valak. Karena iblis itu akan melakukan hal yang sama lagi setelah ini, membuat orang percaya bahwa masih ada cerita lain yang lebih dalam.

Baca Juga

Kali berikutnya, penonton mengetahui Valak muncul secara pasti di The Conjuring 2, yang mengambil  latar waktu pada 1977, yaitu 21 tahun setelah peristiwa The Nun II

Mengingat banyaknya kejadian yang terjadi di Eropa antara tahun 1952 dan 1956, mudah untuk bertanya-tanya apa lagi yang dilakukan biarawati iblis tersebut pada waktu itu. Kita tahu bahwa antara akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, Ed dan Lorraine Warren (Patrick Wilson dan Vera Farmiga) membantu dalam pengusiran iblis yang melibatkan Maurice (aslinya diperankan oleh Christof Veillon), meskipun tidak berhasil. 

Akhirnya, dia menembak istrinya (yang sekarang mungkin adalah Kate) sebelum akhirnya mengarahkan pistolnya kembali ke dirinya sendiri. Dari sana, Valak menunggu beberapa tahun sebelum kembali ke keluarga Warren, tetapi sulur iblis tetap ada di dasar film pertama. 

“Valak akan kembali padanya atau Valak mungkin masih ada di sana,” ujar sutradara Michael Chaves.

Chaves berpikir itu sangat terbuka untuk ditafsirkan. Chaves yang juga menyutradarai The Conjuring: The Devil Made Me Do It dan The Curse of La Llorona yang berdekatan dengan Conjuring, mungkin bisa kembali untuk seri ketiga dari saga The Nun yang saat ini mengacu pada Suster Irene seperti halnya Valak. Namun kondisi Maurice (Jonas Bloquet) bukan satu-satunya pertanyaan yang belum terjawab. Pengusiran setan yang akhirnya gagal juga bukan satu-satunya peristiwa yang menghubungkan kembali ke Conjuring Universe yang lebih besar. 

 

Hubungan Antara Suster Irene dan Lorraine Warren 

Suster Irene tidak hanya mengetahui bahwa dia adalah keturunan Saint Lucy, tetapi dia juga memiliki kemampuan paranormal sendiri. Meskipun ditampilkan di The Nun tahun 2018 juga, sekuelnya lebih menyoroti kemampuan prekognitif Irene melalui mimpinya tentang Maurice, visinya yang mendalam tentang Valak, dan kemampuannya untuk mengalahkan makhluk iblis itu. 

Jelas bahwa Michael Chaves mengarahkan film ini karena saat Irene turun ke jalan untuk mencari bocah lelaki Jacques (Maxime Elias-Menet) terasa sangat mirip dengan pengalaman penglihatan psikis Lorraine Warren dalam The Devil Made Me Do It. Di film Conjuring 3, Lorraine mengembara melalui hutan untuk mencari tahu siapa yang membunuh seorang gadis remaja hingga hampir jatuh dari tebing. 

Syukurlah Ed ada di sana, menariknya ke tempat aman tepat pada waktunya. Irene tidak seberuntung itu dan kemudian ditemukan tidak disadarkan diri oleh Suster Debra. 

Penonton juga melihat sekilas yang menghubungkan tidak hanya Suster Irene dengan Saint Lucy, tapi juga Lorraine. Dalam sekejap, mata Lorraine disandingkan dengan mata Irene.

Ini bukan hanya anggapan cerdas bahwa Vera dan Taissa Farmiga memiliki hubungan dalam kehidupan nyata, tetapi juga merupakan titik penghubung untuk menyatukan kemampuan peramal, garis keturunan Kristen, dan hubungan mereka dengan iblis Valak. Untuk beberapa alasan yang belum terungkap sepenuhnya, The Nun II memperjelas keduanya terkunci bersama. 

 

Valak mungkin tidak akan dikalahkan setelah The Nun II

Setelah dikalahkan oleh darah Kristus lebih dari satu kali (pertama kali secara harfiah), Valak terus membunuh siapa pun yang menghalanginya. Iblis itu muncul kembali beberapa dekade kemudian (jika tidak lebih cepat) untuk meneror keluarga Hodgson di The Conjuring 2. Di sanalah kita melihat kekalahan akhirnya. 

Setelah menyiksa Lorraine selama bertahun-tahun dengan bayangan kematian Ed, Valak mencoba mewujudkan takdirnya namun dihentikan oleh Lorraine. Tanpa izin dari gereja, Lorraine mengirim iblis itu kembali ke neraka, dan tampaknya iblis itu pergi ke sana. Satu-satunya masalah adalah makhluk itu belum mati. 

Tentu saja, tidak mungkin membunuh makhluk spiritual, jadi masuk akal jika pengusiran iblis adalah satu-satunya cara yang bisa mengalahkan iblis di alam fana ini. Namun fakta bahwa Valak kemungkinan besar masih ada di suatu tempat membuat kita bertanya-tanya tentang kemungkinan kembalinya dia. 

Lagi pula, dua film The Nun yang berbeda kini tampaknya telah mengalahkan entitas iblis tersebut. Setiap kali kita mengetahuinya, pada akhirnya, makhluk itu akan kembali menyerang lagi. Jika The Nun II tidak menghentikan Valak selamanya, mungkin The Conjuring 2 juga tidak. 

Sebagai sosok paling ikonik di The Conjuring Universe, Valak adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Jika apa yang dikatakan Chaves benar, iblis itu saat ini mungkin masih bersama Maurice. Masih banyak kejahatan yang harus dilakukan sebelum makhluk itu bertemu dengan keluarga Warren bertahun-tahun kemudian. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement