Senin 25 Sep 2023 20:18 WIB

Baznas Gagas Program Z-Auto dan Perbaiki RTLH  

Program RTLH untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama tempat tinggal mustahik.

Red: Gita Amanda
Seorang anak melintasi rumah tak layak huni, (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Seorang anak melintasi rumah tak layak huni, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok bersama Baznas Republik Indonesia (RI) siap berkolaborasi menggagas program Z-Auto dan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) yang memberikan bantuan kepada tujuh penerima manfaat.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Depok Abdul Ghofar di Depok, Senin (25/9/2023), mengatakan, program Z-Auto akan memberikan bantuan modal serta pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala demi mendorong kemandirian ekonomi mustahik.

Baca Juga

Sedangkan, program RTLH adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama tempat tinggal sebagai peningkatan kesejahteraan mustahik. "Sehingga program tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan etos kerja mustahik dan akan merenovasi RTLH yang menyasar rumah milik warga dhuafa di Kota Depok yang kondisi rumahnya mengkhawatirkan dan tidak layak huni," ujarnya.

Dia mengatakan, tahun ini terdapat lima penerima manfaat program Z-Auto dan dua penerima manfaat program RTLH dari Kota Depok. Penerima manfaat program Z Auto berasal dari empat kecamatan yaitu Bojongsari, Sawangan, Cimanggis, dan Pancoran Mas. Sementara itu, penerima manfaat program RTLH berasal dari dua kecamatan, yaitu Sawangan dan Cinere.

"Dana yang dikeluarkan untuk program Z-Auto adalah Rp 20 juta per penerima manfaat atau ditotalkan Rp 100 Juta dan dana program RTLH Rp 25 juta per penerima manfaat atau ditotalkan Rp 50 juta. Jika dijumlah keseluruhannya dari kedua program tersebut ialah sebanyak Rp 150 juta," ujarnya.

Menurut dia, program tersebut direncanakan akan diluncurkan pada Selasa, 3 Oktober di Kantor Baznas Depok. Sementara itu, program Z-Auto tanggal 6 Oktober di rumah penerima manfaat bantuan RTLH.

Harapannya, lanjut dia, Baznas Kota Depok dan Baznas RI mampu bersinergi lebih baik lagi ke depannya dengan menghadirkan program lainnya yang mampu mengentaskan kemiskinan, memaksimalkan pendistribusian zakat, infak, sedekah (ZIS) serta mentransformasikan dari mustahik ke muzaki di Kota Depok.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ࣖ ۔
Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur'an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah salat; tunaikanlah zakat, dan berpegangteguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

(QS. Al-Hajj ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement