Selasa 10 Oct 2023 20:31 WIB

Britania Raya dan Republik Irlandia Resmi Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Seluruh laga putaran final Euro 2028 akan digelar di 10 stadion berbeda di 5 negara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). UEFA telah resmi menunjuk Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah bersama Euro 2028.
Foto: football italia
Logo Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). UEFA telah resmi menunjuk Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah bersama Euro 2028.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah resmi menunjuk Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah bersama Euro 2028. Penunjukan ini berdasakan hasil rapat Komite Eksekutif UEFA di Nyon, Swiss, Selasa (10/10/2023) waktu setempat.

Selain menunjuk Britania Raya, yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah bersama Euro 2028, Komite Eksekutif UEFA juga sudah menetapkan Turki dan Italia sebagai tuan rumah bersama penyelenggara Euro 2032.

Baca Juga

''Seremoni pengumuman tuan rumah Euro 2028 dan Euro 2032 dilakukan di markas besar UEFA, Nyon, Swiss, sekitar pukul 12.00, Selasa (10/10/2023),'' tulis pernyataan UEFA di laman resmi otoritas tertinggi sepak bola Eropa tersebut, Selasa (10/10/2023).

Penunjukan Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah Euro 2028 tidak terlepas dari keputusan Turki untuk mundur sebagai tuan rumah Euro 2028. Turki akhirnya memilih untuk fokus mencalonkan diri bersama Italia sebagai tuan rumah Euro 2032. UEFA pun menerima pencalonan Turki dan Italia tersebut pada pekan lalu.

Rencananya, seluruh laga di putaran final Euro 2028 akan digelar di 10 stadion berbeda di lima negara tuan rumah. Enam stadion terletak di Inggris, sedangkan sisanya terletak masing-masing di Irlandia Utara, Skotlandia, Wales, dan Republik Irlandia.

Kendati begitu, UEFA belum memutuskan soal stadion yang bakal menggelar laga pembuka dan partai final Euro 2028. Kabarnya, Stadion Wembley bakal dipilih menjadi venue partai final edisi ke-18 turnamen paling bergengsi antarnegara Eropa tersebut. Sedangkan untuk partai pembuka akan digelar di Stadion Millenium, Cardiff City, Wales.

Legenda timnas Wales, Gareth Bale, mengungkapkan harapan besar terkait penunjukan Stadion Millenium sebagai penyelenggara partai pembuka Euro 2028. Kehadiran Wales sebagai salah tuan rumah Euro 2028, ujar eks bintang Real Madrid, itu akan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan timnas Wales.

''Sangat penting buat kami untuk menjadi salah satu tim yang diperhitungkan, untuk bisa terus mendorong peningkatan performa dan kemampuan tim nasional,'' kata Bale yang hadir dalam upacara pengumuman tersebut seperti dilansir ESPN, Selasa (10/10/2023).

Gelaran Euro 2028 akan mencatatkan sejarah tersendiri. Untuk pertama kalinya di sepanjang sejarah, Britania Raya dan Republik Irlandia akan menjadi tuan rumah sebuah turnamen olahraga utama. Pun dengan rekor yang ditorehkan Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales akan menjadi tuan rumah turnamen major sepak bola untuk pertama kalinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement