Kamis 12 Oct 2023 15:00 WIB

Gibran Soal Konflik Keraton Surakarta: Kami tidak Intervensi

Kedua kubu beda pendapat terkait penutupan pintu masuk keraton.

Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan mengintervensi konflik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat karena merupakan urusan internal keluarga.

"Keluarga ya urusan keluarga, kami tidak intervensi," katanya di Solo, Jawa Tengah. Ia mengatakan hanya akan memastikan tugasnya berjalan sesuai dengan rencana awal.

"Yang jelas tugas saya mengondisikan pembangunan yang ada di situ. Setelah selesai akan kami serahkan ke yayasan yang sudah ditunjuk sesuai dengan MoU (nota kesepahaman beberapa waktu lalu)," katanya.

Usai konflik antarkerabat keraton yang terjadi beberapa waktu lalu, ia mengaku sudah bertemu dengan istri PB XIII, yakni Kanjeng Gusti Ratu PB XIII dan putra mahkota Kanjeng Gusti Pangeran Harya Purbaya (KGPH) Purbaya.

Meski demikian, diakuinya, belum ada pertemuan dengan pihak Lembaga Dewan Adat (LDA) yang merupakan pihak yang berseberangan dengan raja.

"Belum (belum bertemu, red.). Ya intinya permasalahan internal saya tidak akan intervensi. Saya sudah ditugasi sinuhun (PB XIII, red.) untuk menyelesaikan alun-alun utara dan selatan. Sudah tugas saya itu saja," katanya.

Sebelumnya, konflik antara pihak Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII dengan adik dan putra PB XIII terjadi pada Senin (9/10) siang. Pada video yang beredar, kedua kubu tampak beda pendapat terkait penutupan pintu masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tepatnya di Kori Kamandungan.

Pertengkaran terjadi saat kubu Sinuhun PB XIII memerintahkan agar pintu Kori Kamandungan ditutup, namun dari Lembaga Dewan Adat (LDA) di mana ada adik dan putra PB XIII tidak menyetujui hal itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement