Rabu 18 Oct 2023 08:53 WIB

Pertemuan Presiden Palestina dan Raja Yordania Gagal, Biden Mau Apa di Timur Tengah?

Tujuan utama Biden adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap Israel

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Tujuan utama Presiden AS, Joe Biden adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap pemimpin Israel sambil berusaha menghindari perang regional
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Tujuan utama Presiden AS, Joe Biden adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap pemimpin Israel sambil berusaha menghindari perang regional

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berangkat dalam perjalanan cepat ke Israel pada Selasa (17/10/2023). Rencana kunjungan ke Yordania batal seusai Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Raja Yordania Abdullah II pun membatalkan pertemuan puncak, yang seharusnya mempertemukan Biden dengan mereka dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Hubungan Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kini telah erat kembali. Sebelum perang tersebut, muncul perbedaan politik yang besar mengenai masa depan akibat keputusan pemerintahan Netanyahu untuk merombak aturan peradilan.

Baca Juga

Tapi kini, tujuan utama pemimpin AS itu adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap pemimpin Israel sambil berusaha menghindari perang regional yang lebih luas yang melibatkan Iran dan sekutunya di Lebanon, Hizbullah, dan Suriah. AS telah menempatkan kelompok penyerang kapal induk di Mediterania timur sebagai unjuk kekuatan bagi Israel dan kelompok kedua sedang dalam perjalanan.

Selain pertunjukan bantuan kekuatan ke Israel, Biden juga ingin menghindari bencana kemanusiaan di Gaza dengan lebih dari 2.800 orang telah terbunuh dalam pemboman Israel selama seminggu terakhir. Ratusan ton bantuan dari beberapa negara telah menunggu di semenanjung Sinai Mesir selama berhari-hari. Pasokan itu menunggu kesepakatan mengenai pengiriman yang aman ke Gaza dan evakuasi beberapa pemegang paspor asing melalui penyeberangan Rafah.