Rabu 18 Oct 2023 13:10 WIB

Prabowo Butuh Erick Thohir untuk Dongkrak Elektabilitas di Jatim

Dalam simulasi cawapres, nama Erick Thohir unggul di beberapa lembaga survei.

Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Dok. Kemenhan RI
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dinilai membutuhkan sosok Erick Thohir sebagai cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengamat Komunikasi Politik Universitas Brawijaya (UB), Anang Sujoko mengatakan, Prabowo butuh Erick, karena bakal mendongkrak suara di Jawa Timur (Jatim) jika ingin memenangkan kontestasi

"Ya memang Erick Thohir memiliki potensi mendongkrak elektabilitas di Jawa Timur karena sudah memiliki modal pendukung," kata Anang saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga

Menurut Anang, Erick mempunyai pendukung dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yang berbasis di Jatim. Sebab, menteri kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sudah menjadi bagian dari keluarga besar NU dan sangat terlibat aktif membantu dan menyukseskan acara dari para nahdliyin.

Seperti halnya menyukseskan acara Harlah ke-100 NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU di Sidoarjo, Jatim, beberapa waktu lalu. Kemudian, Erick juga yang menggagas berdirinya Badan Usaha Milik NU (BUMNU) untuk menciptakan kemandirian ekonomi.