Jumat 27 Oct 2023 05:44 WIB

Liverpool Hajar Toulouse 5-1, Brighton Raih Kemenangan Pertama di Eropa

Liverpool memuncaki Grup E dan di ambang lolos ke babak gugur Liga Europa.

Red: Israr Itah
Mohamed Salah (tengah) bersama pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Toulouse dalam laga grup Liga Europa di Anfield.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Mohamed Salah (tengah) bersama pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Toulouse dalam laga grup Liga Europa di Anfield.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool menghancurkan Toulouse 5-1 di Anfield untuk mengamankan posisi puncak Grup E Liga Europa dengan rekor sempurna, sementara Brighton & Hove Albion mengamankan kemenangan pertama mereka di sepak bola Eropa dengan menaklukkan Ajax 2-0 pada Jumat (27/10/2023) dini hari WIB.

Diogo Jota membuka skor untuk Liverpool setelah sembilan menit pertandingan berjalan, melakukan aksi solo run yang membuatnya melewati empat pemain bertahan sebelum memasukkan bola ke pojok bawah gawang.

Baca Juga

Toulouse merespons tujuh menit kemudian saat Thijs Dallinga dengan sempurna mengatur waktu larinya dari garis tengah lapangan ke dalam kotak penalti, dan dengan mudah mencetak gol di kandang Liverpool ini.

Sisa pertandingan menjadi milik Liverpool saat Wataru Endo menyundul bola dan membawa mereka kembali unggul setelah pertandingan berjalan setengah jam. Empat menit kemudian Darwin Nunez memperbesar keunggulan mereka melalui sebuah tendangan dari sudut sempit, memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti.

Nunez hampir mencetak gol lagi di menit ke-65. Namun tendangannya dari sisi kanan kotak penalti masih membentur tiang gawang setelah melakukan pergerakan yang luar biasa. Meskipun begitu, Ryan Gravenberch memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol keempat Liverpool.

Tiga menit memasuki waktu tambahan, pemain pengganti Mohamed Salah melengkapi kemenangan dengan tendangan keras ke pojok atas gawang dari jarak dekat, setelah mengecoh pemain lawan.

Gol tersebut menjadikan jumlah gol sang pemain Mesir menjadi 43 untuk Liverpool di kompetisi besar Eropa, sebuah rekor untuk pemain manapun di klub Inggris. Liverpool memuncaki grup dengan lima poin di atas Union Saint Gilloise dan Toulouse, yang sama-sama memiliki empat poin.

Union mengalahkan LASK 2-1 melalui gol penalti di menit akhir dari Cameron Puertas dan gol kemenangan dari Christian Burgess empat menit sebelum tambahan waktu untuk meninggalkan tim tamu di dasar klasemen tanpa poin.

Brighton meraih sebuah pencapaian di Eropa dengan mengalahkan Ajax dan menghidupkan kembali kesempatan mereka untuk mencapai babak gugur. Mereka kini memiliki empat poin, sama dengan tim peringkat dua, AEK Athens, di Grup B, tertinggal satu poin dari Olympique de Marseille di puncak. Marseille mengalahkan AEK 3-1 pada saat yang sama.

Brighton mendapatkan peluang tiga menit sebelum turun minum ketika Joao Pedro memanfaatkan bola rebound dari penyelamatan kiper Diant Ramaj dan memasukkan bola ke dalam gawang.

The Seagulls memperbesar keunggulan mereka delapan menit setelah jeda ketika Ansu Fati menerima umpan lambung ke dalam kotak penalti dan pemain berusia 20 tahun itu dengan tenang mencetak gol ke sudut bawah gawang.

 

Hasil ini...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّآ اَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ اَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ ۗيَوْمَ يَأْتِيْ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا اِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ اٰمَنَتْ مِنْ قَبْلُ اَوْ كَسَبَتْ فِيْٓ اِيْمَانِهَا خَيْرًاۗ قُلِ انْتَظِرُوْٓا اِنَّا مُنْتَظِرُوْنَ
Yang mereka nanti-nantikan hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka, atau kedatangan Tuhanmu, atau sebagian tanda-tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dengan imannya itu. Katakanlah, “Tunggulah! Kami pun menunggu.”

(QS. Al-An'am ayat 158)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement