Jumat 27 Oct 2023 06:33 WIB

Invitasi Bola Basket KU-15 dan 17 Diharapkan Beri Sumbangsih ke Basket DKI Jakarta

Invitasi ini dibuka secara resmi Kamis (26/10/2023) di GMSB, Kuningan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Suasana pembukaan Invitasi Basket Bola Basket Kelompok Umur (KU) 15 tahun dan 17 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta dan Pengprov Perbasi DKI Jakarta. Invitasi ini dibuka secara resmi Kamis (26/10/2023) di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan Jakarta.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Suasana pembukaan Invitasi Basket Bola Basket Kelompok Umur (KU) 15 tahun dan 17 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta dan Pengprov Perbasi DKI Jakarta. Invitasi ini dibuka secara resmi Kamis (26/10/2023) di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Invitasi Basket Bola Basket Kelompok Umur (KU) 15 tahun dan 17 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta dan Pemprov Perbasi DKI Jakarta diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap basket DKI Jakarta. Invitasi ini dibuka secara resmi Kamis (26/10/2023) di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan Jakarta. 

Sekitar 400 peserta dari 39 klub di Jakarta dengan penuh semangat mengikuti acara pembukaan ini. Acara diramaikan dengan pertandingan ekshibisi antara Jurnalis Peduli dan Suka Olahraga (Jusraga) melawan Pengprov Perbasi DKI/Dispora DKI Jakarta yang dimenangkan Jusraga.

Baca Juga

Ketua umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, dalam sambutannya mengatakan, Pengprov Perbasi DKI Jakarta selalu memberikan dukungan khususnya secara administrasi. "Kegiatan bola basket apa pun itu, selama di selenggarakan di DKI Jakarta, pesertanya juga dari DKI Jakarta, Pengprov Perbasi akan selalu memberikan dukungan," ujar Lexyndo yang sukses saat menjadi Chef de Mission SEA Games 2023 Kamboja lalu.

Lexyndo menambahkan, walau kejuaraan kelompok umum kali ini sifatnya undangan, ia yakin diikuti klub terbaik di DKI Jakarta. Diharapkan kejuaraan ini memberikan sumbangsih pemain untuk DKI Jakarta ke depannya.

Wisnu Dewanto, Ketua Bidang Prestasi Dispora DKI Jakarta yang mewakili Kadispora Andri Yansyah menyatakan, kepada para peserta semangat dalam bertanding dan berharap nantinya dari ajang ini ada yang menjadi pemain yang perkuat DKI Jakarta baik di ajang  Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) atau Pekan Olahraga Nasional (PON). nantinya.

Ajang ini digelar setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Ahad saja. Pada 28 dan 29 Oktober 2023 di gelar di dua lokasi GOR Pulo Gadung dan GOR Matraman Jakarta Timur. Dilanjutkan pada 4 dan 5 November di GOR Otista Jakarta.

KU 15 Putra diikuti 11 klub yakni PPOB, GRJU, Pokeba, Victoria, Adion, Mitra Guntur, Wariors, GAMA, Bintang Muda, IM dan CGR. KU 15 Putri diikuti 11 klub juga PPOB, GRJU, IM, Pokeba,Adion, Knight, Mitra Guntur, Bulls, Wariors, GAMA dan Bintang Muda.

KU 17 Putra 12 Klub, Cakrasakti, Pokeba, Victoria, Adion, Knight, Bulls, Scorpio, Wariors, GAMA Bintang Muda, IM dan CGR. KU 17 Putri diikuti enam klub, Cakrasakti, Wariors GAMA, Bintang Muda, CGR dan Gardena Pratama.  

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Pusat Agus Susanto memuji penyelenggaraan kejuaran ini. Agus yang hadir dalam acara pembukaan dan mengikuti laga ekshibisi memperkuat Jusraga, menilai kejuaraan-kejuaraan semacam ini memberikan banyak efek positif. 

"Bagi Pengprov Perbasi DKI dan Dispora DKI, ajang ini bisa untuk memantau bakat-bakat muda di basket Jakarta yang bisa diasah kemampuannya demi meraih prestasi mengharumkan DKI. Dari sisi peserta, kejuaraan ini salah satu sarana berekpresi dan bersosialisasi yang posistif melalui olahraga."

"Saya percaya anak-anak muda kita bisa lebih membentengi diri dari hal-hal negatif dengan menghabiskan banyak waktu berolahraga. Mengikuti kejuaraan olahraga seperti invitasi basket kelompok umur ini salah satunya," kata Agus yang baru terpilih di kepengurusan SIWO Pusat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement