Rabu 01 Nov 2023 16:50 WIB

Pentingnya Wisata Ramah Lingkungan, Coba Terapkan Prinsip-Prinsip Ini

Wisata berkelanjutan kian populer di kalangan orang-orang yang peduli lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Wisatawan dan pengelola wisata ramah lingkungan harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip ekowisata.
Foto: www.pixabay.com
Wisatawan dan pengelola wisata ramah lingkungan harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip ekowisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, miliaran wisatawan internasional mengunjungi berbagai destinasi wisata di seluruh dunia. Tingginya volume wisatawan di suatu tempat bisa menyebabkan tumpukan sampah, serta meningkatnya konsumsi iar dan polusi udara di berbagai destinasi.

Saat ini, lokasi-lokasi yang indah terutama tujuan wisata alam, berisiko mengalami masalah lingkungan yang sering kali mencakup perusakan beberapa ekosistem. Wisata memang menyenangkan dan semua orang berhak menikmatinya, tetapi ada kebutuhan untuk melakukan reformasi agar industri ini lebih berkelanjutan sehingga lingkungan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Baca Juga

Di sinilah wisata ramah lingkungan (eco-tourism) berperan. Minat terhadap ekowisata juga telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan ada banyak sekali tujuan wisata ramah lingkungan yang dapat dimasukkan ke dalam daftar perjalanan Anda. Jadi, apa itu ekowisata dan mengapa ini sangat penting?

Dilansir The Travel, Rabu (1/11/2023) wisata ramah lingkungan adalah cara yang berkelanjutan untuk berwisata ke berbagai tempat. Ekowisata juga mengedepankan sikap yang bertanggung jawab dengan cara menjaga lingkungan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk menjadi lebih dari sekadar pengunjung.