Sabtu 11 Nov 2023 14:56 WIB

Gerakan Dauri di Ancol Wujud Kepedulian Lingkungan dan Kurangi Sampah

Dauri merupakan gerakan yang meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sampah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Gerakan Daur untuk Negeri (Dauri) di kawasan Ancol, Jakarta Utara.
Foto: Republika.co.id
Gerakan Daur untuk Negeri (Dauri) di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Daur untuk Negeri (Dauri) dilaksanakan sebagai partisipasi mendukung pengurangan sampah nasional sebesar 30 persen pada 2025. Sosro dan Tetra Pak pun menggandeng Ancol Taman Impian dan dihadiri oleh Teens Go Green, Sekolah Rakyat Ancol, dan pedagang area Ancol, untuk melakukan sosialisasi, mulai di pantai, taman rekreasi, akuarium, hingga pasar seni.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia berhasil mengurangi penumpukan sampah sekitar 12 juta ton pada 2022. Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti menyampaikan, hasrat perusahaan untuk berpartisipasi aktif meningkatkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat memilah sampah, termasuk sampah kemasan minuman.

"Menjaga lingkungan hidup adalah salah satu komitmen Sosro dan melalui gerakan Dauri kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah sehingga sampah ini dapat didaur ulang dan tidak berakhir di TPA (tempat pembuangan sampah akhir)," kata Sabrina dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Sebagai minuman resmi, Sosro terus berpartisipasi aktif mewujudkan wisata Ancol Taman Impian yang lebih baik, bersih dan nyaman, dan bebas sampah. Kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup adalah perwujudan dari filosofi 'Niat Baik Hasil Baik'. "Niat baik kami juga telah menginspirasi banyak orang untuk berbuat baik dan berkontribusi pada masyarakat," ucap Sabrina.

Direktur Tetra Pak Tommy Srihartoyo Soetoyo menjelaskan, pengembangkan program daur ulang yang berkelanjutan tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak saja. "Harus ada upaya kolaboratif yang melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak dalam rantai nilai daur ulang," katanya.

Melalui gerakan Dauri, sambung dia, Sosro dan Tetra Pak berkomitmen terus mengambil bagian dalam peningkatan praktik berkelanjutan di Indonesia. "Keberhasilan peningkatan tingkat daur ulang perlu didukung oleh kesadaran dan aksi masyarakat untuk terus meningkatkan partisipasinya mendauran ulang sampah," kata Tommy.

Dauri merupakan gerakan yang sangat positif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap jenis-jenis sampah yang perlu dipilah sebelum dibuang. Ancol menjadikan program kepedulian lingkungan sebagai salah satu prioritas yang harus dijalankan.

"Karena kami percaya bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi bisnis perusahaan, perlu melakukan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan," ujar Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Eddy Prastiyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement