Kamis 07 Dec 2023 00:18 WIB

Kendaraan Listrik Percepat Berakhirnya Era Kejayaan Bahan Bakar Fosil

Transportasi menyumbang sekitar 60 persen permintaan minyak dunia

Red: Firkah fansuri
Kendaraan listrik Ford Mustang Mach-e terlihat dicolokkan ke stasiun pengisian daya di Bilbao, Spanyol utara, 10 November 2023. Kendaraan listrik mempercepat berakhirnya era minyak.
Foto:

Lebih murah di China

Tingkat adopsi kendaraan listrik di masa depan akan sangat bergantung pada harga kendaraan listrik dan ketersediaan stasiun pengisian daya, menurut pakar industri. Dan China memiliki keunggulan dalam kedua hal tersebut.

Rata-rata kendaraan listrik di Tiongkok berharga 31.165 euro (33.964 dolar AS) pada pertengahan tahun 2023, menurut perusahaan riset Inggris JATO Dynamics. JATO menemukan bahwa mobil listrik termurah di Tiongkok 8 persen lebih murah dibandingkan mobil setara bensin termurah. Hal ini berkat subsidi pemerintah yang besar dan ketersediaan rare earth yang sangat penting dalam produksi kendaraan listrik.

Kendaraan listrik menguasai sekitar seperempat pasar di Tiongkok, dan negara ini diperkirakan akan memimpin pertumbuhan global.

Sebaliknya, di Amerika Serikat, harga rata-rata sebuah kendaraan listrik adalah lebih dari 53.000 dolar AS, menurut perusahaan riset otomotif Kelley Blue Book, sekitar 5.000 dolar AS lebih mahal daripada mobil bertenaga bensin.

photo
Kendaraan listrik Tesla diisi dayanya di sebuah dealer di Durango, Spanyol utara, 30 Oktober 2023. - (REUTERS)

 

Amerika Serikat juga tertinggal jauh dibandingkan Tiongkok dalam hal jumlah stasiun pengisian umum. Buku putih yang didanai industri yang diterbitkan pada bulan Oktober oleh Institut Elektrifikasi mencatat bahwa Amerika Serikat memiliki sekitar 52 ribu stasiun pengisian umum, Eropa sekitar 400 ribu dan Tiongkok sekitar 1,2 juta.

Meski begitu, kendaraan listrik diperkirakan akan tumbuh hingga 50 persen dari jumlah registrasi mobil baru di Amerika pada tahun 2030, menurut IEA, karena para pengemudi tertarik pada kemajuan teknologi, penurunan harga, dan prospek menghindari harga yang tidak menentu di pompa bensin.

“Perubahan di sisi politik dapat menunda transisi,” kata Petropoulos dari IEA, mengacu pada kekhawatiran di antara beberapa pembuat kendaraan listrik bahwa pemilu AS tahun depan dapat menghasilkan serangkaian kebijakan baru. “Tetapi pada akhirnya transisi terjadi sekarang.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement