Jumat 15 Dec 2023 07:12 WIB

Messi, Haaland, dan Mbappe Bersaing Jadi Pemain Terbaik Dunia

Aitana Bonmati, Jenni Hermoso, dan Linda Caicedo bersaing di kategori wanita.

Red: Israr Itah
Kylian Mbappe dari Prancis (kiri) dan Lionel Messi dari Argentina bersaing untuk penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA.
Foto: AP/Hassan Ammar
Kylian Mbappe dari Prancis (kiri) dan Lionel Messi dari Argentina bersaing untuk penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi dan Aitana Bonmati diumumkan masuk sebagai kandidat final peraih penghargaan pemain terbaik dunia 2023 oleh badan sepak bola dunia FIFA pada Jumat (15/12/2023) dini hari WIB, demikian dikutip dari AFP.

Messi telah memenangi Ballon d'Or-nya yang kedelapan pada Oktober silam di Paris, untuk memperpanjang catatan rekornya. Sedangkan Bonmati meraih penghargaan pemain terbaik wanita setelah tampil gemilang untuk timnas Spanyol dalam perjalanan menjuarai Piala Dunia Wanita.

Baca Juga

Erling Haaland dan Kylian Mbappe adalah kandidat lain untuk penghargaan pemain terbaik putra FIFA. Pada kategori wanita, rekan setim Bonmati dari timnas Spanyol, Jenni Hermoso, dan pemain muda Kolombia, Linda Caicedo, juga masuk dalam kandidat tiga besar peraih penghargaan. Upacara pemberian penghargaan akan berlangsung di London pada 15 Januari.

Finalis kategori pria disaring berdasarkan penampilan mereka dari 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus tahun ini. Adapun untuk kategori putri diputuskan berdasarkan prestasi antara 1 Agustus 2022 dan 20 Agustus 2023, hari berlangsungnya final Piala Dunia Wanita.

Messi memenangi penghargaan pemain terbaik dunia keduanya tahun lalu setelah membantu Argentina menjuarai Piala Dunia.

Haaland, yang finis di posisi kedua dalam pemungutan suara Ballon d'Or, mencetak 52 gol pada musim lalu bersama Manchester City. Torehan gol-gol Haaland berandil besar membantu klub itu memenangi tiga gelar, yakni Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Penyerang internasional Prancis, Mbappe, mencetak 41 gol di semua kompetisi untuk membantu Paris Saint-Germain menjuarai Liga Prancis.

Bonmati dan Hermoso sama-sama mencetak tiga gol pada Piala Dunia Wanita saat Spanyol menjadi juara untuk pertama kalinya, sementara Bonmati juga membantu Barcelona menjuarai Liga Champions Wanita pada musim lalu.

Hermoso sempat tersangkut masalah pelecehan ketika ia dicium secara paksa oleh Presiden Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales, setelah pertandingan final Piala Dunia Wanita. Kasus itu berujung dengan pengunduran diri Rubiales.

Caicedo, yang baru berusia 18 tahun, tampil gemilang saat membawa Kolombia ke perempat final Piala Dunia. Ia kini telah bergabung dengan Real Madrid Wanita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement