Senin 18 Dec 2023 00:06 WIB

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat Secara  Biaya dalam Jangka Panjang?

Sejumlah komponen yang harus diganti di mobil bensin tidak ada di mobil listrik.

Red: Firkah fansuri
SUV listrik Urban baru dari Toyota akan menantang Volvo EX30 yang harganya terjangkau sebagai kendaraan listrik termurah. SUV  listrik urban koncept ini diperkenalkan di Brussels, Belgia, Senin (4/12/2023).
Foto: Toyota
SUV listrik Urban baru dari Toyota akan menantang Volvo EX30 yang harganya terjangkau sebagai kendaraan listrik termurah. SUV listrik urban koncept ini diperkenalkan di Brussels, Belgia, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,Era mobil listrik semakin bergairah di Indonesia. Produsen mobil listrik China terus menambah jajaran produknya mobil listriknya. Memasuki tahun 2024 yang tinggal dua pekan lagi para pemain kendaraan listrik terkemuka asal China juga akan menyerbu Indonesia dengan produk andalannya yang sangat laris di pasar global.

Dengan sebagian besar produsen mobil ternama yang memiliki lini kendaraan listriknya, tampaknya kendaraan listrik tidak diragukan lagi, adalah masa depan industri otomotif.

Banyak orang mencari mobil kedua atau ketiganya. Beberapa di antaranya merupakan penggemar kendaraan berbahan bakar minyak, dan enggan beralih ke hal lain. Lainnya bertujuan untuk efisiensi energi dan mengurangi jejak karbon.

Namun mana yang paling hemat biaya? Apakah lebih murah memiliki kendaraan berbahan bakar bensin, atau apakah kendaraan listrik merupakan pilihan yang tepat?